6 Menu Racikan Kopi yang Tidak Biasa

6 Menu Racikan Kopi yang Tidak Biasa

Sudah tidak dipungkiri lagi bahwa minum kopi merupakan suatu kenikmatan bagi kita. Baik itu minum kopi hitam murni tanpa campuran gula, dan susu maupun minum kopi yang sudah diracik dengan berbagai macam bahan minuman ataupun bahan makanan. Biasanya di coffeeshop maupun di warung kopi pinggir jalan kita menemukan menu racikan minuman kopi yang sudah “biasa” . Sekarang saya mau memperkenalkan menu racikan kopi yang “tidak biasa”. Apa saja?

1. Kopi Apple Pie

Siapa yang tidak mengenal Dunkin Donuts? Yups, restoran dan waralaba internasional yang “fokus” memproduksi donat. Ternyata Dunkin Donuts tidak hanya memproduksi donat saja, mereka juga pernah merilis varian kopi, namun dalam edisi terbatas. Salah satunya adalah kopi apple pie ini. Yaitu kopi yang dicampur dengan pie apel.

apple-pie-flavored-coffee
Apple Pie Ground Coffee

Selain apple pie, Dunkin Donuts juga mengkreasikan kopi lainnya seperti gingerbread, mocha mint, kelapa strawberry shortcake, dan masih banyak lagi. Hmm, secangkir kopi unik ini pasti akan terasa nikmat apabila ditemani manisnya donat. Selamat mencoba.

2. Kopi Keju

Ada kebiasaan “unik” masyarakat di Swedia untuk menikmati secangkir kopi. Biasanya makanan yang sering kita celupkan ke dalam kopi adalah biskuit, roti, atau makanan ringan lainnya. Tetapi di Swedia punya cara lain untuk menikmati secangkir kopi. Masyarakat disana terbiasa menyelupkan potongan keju ke dalam kopi. Hasilnya rasa manis, pahit, asin, dan asam menjadi satu. Luar biasa.

Kopi-Keju-Swedia-image-source
Kopi keju di Swedia

Namun keju yang digunakan bukan sembarang keju. Namanya keju juustoleipa. Keju ini biasa ditemukan di Finlandia dan Swedia. Keju ini terbuat dari susu sapi, kambing, dan rusa. Penasaran? Ayo ke Swedia…

3. Kopi Death Wish

death-wish
Death Wish Coffee

Kali ini nama kopinya terdengar menyeramkan. Yeah ‘death’ Wow!! ternyata Death Wish mengandung kafein yang mencapai 200 persen lebih banyak dibandingkan kopi biasa. Dengan kafein setinggi itu, sangat tidak disarankan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung atau penyakit dalam lainnya untuk menikmati jenis kopi ini. Karena bisa menyebabkan kematian bagi yang menderita penyakit tersebut makanya diberi nama ‘death’ mungkin yaa…hhmmm

Namun bagi Anda yang dalam kondisi sehat dan butuh kafein lebih untuk terjaga, tidak masalah apabila sekali-kali mencoba Death Wish. Berani mencoba?

4. Kopi Garam Laut

sea-salt-iced-coffee-2

Beda daerah beda pula kebiasaan masyarakatnya dalam hal menikmati kopi. Di negara Taiwan ternyata menyukai minum kopi dengan cara mencampurkannya dengan sedikit garam. Jadilah minuman kopi garam laut. Kopi ini pertama kali dikenalkan chef dari
85 Degrees Bakery Café. Rupanya secangkir kopi diberi sedikit garam untuk menghasilkan rasa manis, pahit, dan asin.

salt coffee

Dan hebatnya lagi racikan kopi tersebut ternyata disukai banyak orang. Hal ini tak terlalu mengherankan karena masyarakat Taiwan juga kerap menaburi garam pada buah-buahan untuk menarik rasa manis. Hmm, benar-benar “tidak biasa” yaa, terutama buat saya, hehehehe

IMG_3566

5. Spicy Taco Gourmet Coffee

Taco merupakan jajanan khas Meksiko yang terdiri dari isian rempah dan sayuran segar. Spicy Taco Gourmet Coffee menggabungkan kopi dengan jajan dari Meksiko tersebut. Secangkir kopi dicampur dengan rempah taco dan ekstrak daging.

 

Spicy-Taco-Coffee
Spicy Taco Gourmet Coffee

Satu hal yang “tidak biasa” dari racikan ini adalah pembuatannya dilakukan mendadak. Spicy Taco Gourmet Coffee hanya dibuat ketika ada pesanan saja. Sehingga kopi yang datang ke pelanggan dalam kondisi segar. Penasaran pasti kan? Let’s try

6. Kopi Arang

Seperti namanya, kopi arang diracik dengan menggunakan arang asli yang dipanaskan dan dimasukkan langsung ke dalam kopi yang telah diseduh terlebih dahulu. Di luar negeri kopi arang dikenal dengan nama The Charcoal Coffee.

750x500-mantapnya-joss-kopi-arang-minuman-tradisional-khas-yogyakarta--1608266
Arang dicampur ke minuman kopi

Di Indonesia sendiri, Kopi arang lebih dikenal dengan sebutan Kopi Josss yang dapat kita temui di banyak angkringan di Jogja. Asal nama kopi Joss bermula dari suara “Josss” yang tercipta saat arang panas dimasukkan ke dalam gelas kopi.

IMG_1193-01

Jangan khawatir, kopi ini sangat aman untuk dikonsumsi bahkan memiliki banyak manfaat bagi yang meminumnya. Arang dibakar di atas suhu sekitar 250 derajat celcius, secara alami akan merubah arang menjadi karbon aktif yang berfungsi mengikat polutan dan racun yang ada dalam tubuh. Arang atau karbon aktif sudah dikenal ampuh sebagai obat alami anti racun.

Saya yakin masih banyak lagi menu racikan kopi yang tidak biasa yang ada di dunia ini, jika ada yang ingin menambahkan silahkan isi di kolom komentar ya. Terima kasih.
Salam Kopi.