pengertian steaming susu - kopitem

Pengertian Steaming Susu dan Perannya pada Cita Rasa Kopi

Pengertian Steaming susu. Kopi dengan campuran susu merupakan hal terbaik untuk mengawal hari. Kopi yang sudah terkenal dengan kandungan kafeinnya membuat hari-hari menjadi lebih bersemangat. Cappucino, Latte, Flatwhite, Mocha, adalah beberapa contoh kopi susu yang biasanya tersedia di berbagai jenis kedai kopi. 

Mulai dari diperkenalkannya kopi susu pada tahun 1930an hingga sekarang, kopi susu sudah menjadi minuman yang sering di dengar. Namun dibalik kenikmatannya ada beberapa proses yang perlu dilakukan hingga akhirnya kopi susu bisa dinikmati oleh banyak orang, mulai dari proses pembuatan espresso, teknik pouring, proses steaming susu dan lainnya. 

Pengertian Steaming Susu

Bagi orang pecinta kopi atau bagi para barista tentunya sudah tidak asing lagi dengan ‘milk steaming’ atau steaming susu. Milk steaming adalah suatu proses pemanasan susu dan pembuatan foam yang nantinya akan dicampurkan dengan kopi. Dalam proses milk steaming ada beberapa tahap harus dilakukan hingga akhirnya kita dapat menciptakan microfoam yang sempurna, yang nantinya akan dikombinasikan dengan kopi.

Nah, berikut beberapa hal yang harus dilakukan dalam proses milk steaming antara lain. 

Siapkan Alat dan Bahan

  1. Milk jug

Ada beberapa jenis dan ukuran milk jug yang tersedia dan dijual, tapi penggunaan dan tujuannya pun tetap sama, yaitu untuk seni melukis di permukaan kopi. Para barista juga memilih milk jug yang sesuai dengan kenyaman mereka masing-masing. Milk juga terbuat dari stainless steel yang bertujuan untuk pemanasan lebih cepat dan juga merata. 

  1. Fresh Milk

Pada umumnya susu dibedakan menjadi beberapa jenis YHT, Low fat, fresh, UHT, dan lainnya adalah beberapa contoh jenis susu yang biasanya kita jumpai di pusat perbelanjaan. Tapi tidak semua jenis susu bagus untuk kita gunakan dalam proses milk steaming. Fresh adalah jenis susu yang paling bagus dan terbaik untuk digunakan dalam proses ini, karena kandungan lemak dan proteinnya yang pas.

Cara Steaming Susu “Milk Steaming”

Untuk melakukan proses tersebut, sebelumnya kamu harus menuang susu ke dalam milk jug tepat 1 -1 1,5cm dibawah spout milk jug. Dalam proses milk steaming ada beberapa tahap yang harus dilakukan yang nantinya membuat microfoam sempurna.

Inilah beberapa tahapnya:

1. Mengeluarkan Air pada Steam Wand

Di tahap pertama adalah mengeluarkan air yang tersimpan di dalam susu, untuk mengeluarkannya dengan cara atau memencet steam knob, dengan begitu steam wand akan mengeluarkan air yang tersimpan di dalamnya. Karena air tersebut tidak boleh dicampur kedalam susu yang akan di steam. Tahap yang satu ini dilakukan sebelum dan sesudah proses steaming. 

2. Memposisikan Steam wand

Tahap yang kedua adalah memposisikan ujung steam wand agar nantinya uap bisa asuk ke dalam susu dengan baik. Caranya dengan menempatkan ujung steam wand sedikit terapung di permukaan susu dan dengan posisi steam wand sedikit menyamping agar saat steam dihidupkan, susu akan berputar seperti pusaran air.

3. Milk Streching

Milk Stretching adalah proses dimana kita memasukkan uap kedalam susu. Dengan masuknya uap ke dalam susu akan terdengar seperti orang yang sedang berciuman atau kissing sound. Kalau terdengar suara yang terlalu keras maka kamu harus menenggelamkan ujung steam wand dengan cara menaikan sedikit milk jug. Kamu harus mengatur ketinggian dan kedalaman ujung steam wand didalam milk jug yang berisi susu. 

Stretching dilakukan hingga kamu sudah memasukkan uang ke dalam susu dengan cukup, maksudnya jika semakin banyak uap yang kamu masukkan akan semakin tebal foam yang terbuat. Foam tebal biasanya digunakan untuk membuat Cappucino. Untuk menciptakan microfoam yang sempurna dan masukkan uap ke dalam susu hingga permukaan susu naik setinggi 1 – 1,5cm.

4. Milk Rolling

Selanjutnya, setelah memasukkan uap ke dalam susu, tahap berikutnya adalah milk rolling, yaitu dengan cara menenggelamkan ujung steam wand sedikit sampai tidak lagi mengeluarkan suara ‘kissing sound’, dan diamkan berputar membuat pusaran air sampai suhu yang diinginkan. Kamu bisa merasakan suhu susu dengan cara memegang samping milk jug dengan telapak tangan. Suhu yang baik untuk proses milk steaing adalah 60 derajat celcius.

Dan tujuan dari milk rolling ini adalah untuk menghaluskan foam yang sudah kita buat. Proses ini terus dilakukan sehingga suhu susu mencapai suhu yang diinginkan. Susu yang terlalub panas juga bisa menghilangkan rasa manis dari susu.

5. Membersihkan Steam Wand

Setelah selesai kamu jangan lupa untuk membersihkan bekas susu yang masih tertinggal pada steam wand. Karena kalau dibiarkan terlalu lama susu itu akan menjadi kering, dan susah dibersihkan sehingga akan menimbulkan kuman. Jadi, kamu jangan lupa untuk membersihkannya dengan lap khusus. Dan mengeluarkan sisa susu yang tertinggal dialam steam wand dengan cara memutar atau pencet steam knob, jadi sisa – sisa susu yang tertinggal juga akan keluar.

6. Milk Swirling dan Knocking

Setelah melakukan steaming, kalau di susu masih terlihat gelembung – gelembung besar, kamu bisa hancurkan gelembung tersebut dengan mengetuk dasar milk jug di permukaan yang datar seperti meja kayu dan lainnya. 

Lalu, tahap swirling adalah tahap terakhir sebelum dilakukannya pouring untuk latterart, tahap yang satu ini dilakukan dengan cara memutar atau menggoyangkan milk jug. Sehingga susu akan terlihat seperti marshmallow cair atau seperti cat putih basah yang sedikit kental. Susu yang sudah selesai di steam harus segera digunakan, kalau didiamkan terlalu lama akan merubah tekstur susu karena suhu susu yang terus menurun.

Terima Kasih. Selamat mencoba.
Salam kopi



Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *