Pengertian kalibrasi kopi

Pengertian Kalibrasi Kopi dan Seberapa Pentingkah Untuk Dilakukan?

Pernahkah kamu bertanya-tanya apa itu kalibarasi kopi? Mengapa sebuah kedai kopi melakukan kalibrasi kopi setiap hari sebelum kedai kopinya dibuka? Apa saja manfaat dari melakukan kegaiatan kalibrasi kopi tersebut? 

Pengertian Kalibrasi Kopi

Kalibrasi kopi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh barista sebelum menerima pesanan kopi dari pelanggan atau sebelum kedai kopi tempatnya bekerja dibuka. Kegiatan tersebut dilakukan dengan mengkalibrasi rasa dan mengkalibrasi mesin kopi. 

Kalibrasi rasa maupun kalibrasi mesin pembuat kopi dilakukan untuk menjaga karakter kopi yang khas setiap jenisnya dan memastikan bahwa rasa kopi yang hari ini akan disajikan sama dengan rasa kopi di hari-hari sebelumnya. 

Untuk menjaga kualitas kopi tersebut, seorang barista yang bertugas untuk melakukan kalibrasi kopi adalah barista yang sudah memiliki kemampuan tinggi sehingga dengan mudah menemukan profil rasa kopi dan sudah terlatih atau mendapatkan sertifikat.

Kalibrasi Mesin Kopi

Kalibrasi mesin kopi harus dilakukan untuk menjaga konsistensi dari produk yang dihasilkan oleh mesin tersebut dan memastikan bahwa masin tersebut berjalan sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan. Kinerja mesin juga harus terus terjaga sebagai bagian dari quality control sebuah produk. 

Pada mesin kopi, manfaat dari kalibrasi yang dilakukan secara berkala akan membuat peningkatan intensitas rasa dan aroma dari kopi yang dihasilkan. Selain itu kalibrasi mesin juga akan memastikan pengunaan mesin kopi tidak akan merusak karakter rasa original dari jenis kopi tersebut.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Kalibrasi Mesin Kopi

Setelah mengetahui pengertian kalibrasi kopi dan informasi mengenai kalibrasi mesin kopi, kamu perlu mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan saat melakukan kalibrasi mesin kopi. Hal ini akan berpengaruh pada hasil kalibrasi dan tentunya berpengaruh juga pada kualitas minuman kopi yang telah dihasilkan.

4 faktor yang mempengaruhi hasil kalibrasi mesin kopi:

1. SOP (Standard Operational Procedure)

Setiap mesin kalibrasi yang dikeluarkan oleh produsen pembuat mesin kalibrasi pada umumnya sudah memiliki SOP dalam melakukan proses kalibrasi mesin kopi. Jadi, lakukan kalibrasi kopi sesuai dengan langkah-langkah yang ada di dalam buku SOP. 

Apabila terjadi kesalahan selama melakukan proses kalibrasi bisa mengakibatkan hasil yang didapatkan tidak akurat dan kemungkinan akan terjadi penurunan kualitas minuman kopi yang dihasilkan.

2. Kalibrator

Orang yang melakukan proses kalibrasi atau kalibrator juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan saat akan melakukan kalibrasi mesin kopi.

Untuk menjadi seorang kalibrator harus memiliki sertifikat dan mempunyai keterampilan untuk melakukan kalibrasi sehingga tugasnya bisa dipertanggungjawabkan bahkan bisa dibandingkan dengan standar internasional yang berlaku. 

Adapun keterampilan yang dibutuhkan oleh seorang kalibrator mesin kopi adalah ketelitian, kecermatan dan fokus yang tinggi. Seorang kalibrator yang belum memiliki sertifikat atau belum mendapatkan pelatihan kalibrasi sebelumnya akan tidak diakuai hasil dari kalibrasinya.

3. Periode atau masa kalibrasi

Setiap mesin pembuat kopi punya periode yang berbeda untuk dilakukan kalibrasi. Frekuensi penggunaan mesin menjadi salah satu faktor penentu kapan mesin tersebut perlu dilakukan kalibrasi kembali. 

Pada umumnya, mesin dikalibrasi ketika sudah mencapai sekitar 400 jam pemakaian atau kurang lebih setahun setelah tanggal kalibrasi terakhir.

4. Lingkungan

Ternyata faktor lingkungan tempat dimana mesin kopi tersebut digunakan, juga berpengaruh terhadap hasil kalibrasi mesinnya. Misalnya suhu, kelembapan, tingkat penerapan hingga getaran mesin yang dihasilkan sangat memberikan pengaruh.

Untuk mengatasi pengaruh lingkungan tersebut, biasanya dalam standar yang sudah ditetapkan secara internasional sudah diberikan cara perhitungan untuk koreksi faktor lingkungan yang memberikan pengaruh tersebut.

Contoh Kalibrasi Mesin Pembuat Kopi

Mesin grinder kopi disebut juga sebagai ujung tombak dari para pebisnis yang bergerak di bidang usaha minuman kopi. Mesin grinder tersebut harus dikalibrasi secara berkala agar kualitas kopi yang dihasilkan selalu konsisten dan tidak tidak menurun.

Mesin grinder kopi dikalibrasi dengan cara-cara seperti yang dijelaskan dibawah ini:
1. Persiapan 

  • Membuka penutup grindsize yang terdapat di dalam head grinder
  • Melakukan pengecekan standar dari ukuran gilingan, yang dimana setiap mesin grinder memiliki standar yang telah ditetapkan oleh Specialty Coffee Association of America. 

2. Proses Kalibrasi Mesin Grinder

  • Putar bagian roda yang bergerigi dari depan kearah samping kiri
  • Lalu lakukan pemuteran hingga mendapat hasil gilingan biji kopi yang sesuai dengan standar SCAA atau Specialty Coffee Association of Amerika.
  • Pasang penutup yaitu roda bergerigi dengan memposisikannya pada posisi o yang menandakan jika ukuran tersebut merupakan ukuran untuk mendapat gilingan kopi terhalus.
  • pasang penutup pada grindsize
  • kemudian bersihkan mesin grinder kopi dengan menggunakan lap bersih
  • Terakhir mesin kopi siap untuk digunakan.

Kalibrasi Rasa Kopi

Selanjutnya dilakukan juga kalibrasi rasa kopi untuk menjaga cita rasa minuman kopi yang telah di hasilkan dengan konsisten. Karena kopi dalam kemasan yang telah dibuka dalam waktu yang cukup lama bisa merubah karakter rasanya dibanding dengan pertama kali kemasan dibuka. 

Kalibrasi rasa kopi ini harus dilakukan oleh seorang barista yang sudah melakukan latihan untuk mengenal cita rasa berbagai jenis kopi. 

Setelah kamu memahami pengertian kalibrasi kopi dan pentingnya melakukan kalibrasi mesin pembuat kopi, maka kamu bisa yakin, setiap mengonsumsi kopi, kualitas dari rasa otentik dari kopi tersebut harus sudah benar-benar terjaga.  

Terima Kasih. Selamat mencoba.
Salam kopi



Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *