Jenis-jenis minuman kopi dan olahannya

Yuk Simak Beberapa Jenis Minuman Kopi dan Olahan Lainnya yang Nikmat!

Ngomong-ngomong soal kopi, tentunya sudah berakar banget yah untuk masyarakat Indonesia. Yah kenapa tidak, karena kopi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Bahkan perkebunan kopi di Indonesia tergolong cukup besar mulai dari kopi Aceh sampai kopi Toraja. Olahan kopi yang tidak asing lagi adalah sebagai minuman dan dinikmati dan terjadilah tradisi ngopi.

Ngomong-ngomong soal kopi, tentunya sudah berakar banget yah untuk masyarakat Indonesia. Yah kenapa tidak, karena kopi sudah ada sejak zaman penjajahan Belanda dulu. Bahkan perkebunan kopi di Indonesia tergolong cukup besar mulai dari kopi Aceh sampai kopi Toraja. Olahan kopi yang tidak asing lagi adalah sebagai minuman dan dinikmati dan terjadilah tradisi ngopi.

Ngopi sudah menjadi tradisi?

Tradisi ngopi memang paling berakar di kaum bapak-bapak yah, apalagi bagi mereka dengan mata pencaharian sebagai petani atau pekebun. Mengapa tidak, kopi selalu menemani hari-hari mereka mulai dari bangun pagi agar segar, siang hari untuk menambah energi, maupun saat malam hari menemani kegiatan ronda atau nonton tv.

Kebanyakan para penikmat kopi sangat menyukai cita rasa akan kopi hitam. Bahkan, yang kita sering nikmati justru kopi hitam itu sendiri. Bagi kamu yang pecinta kopi pemula, mungkin beranggapan gak ah minum kopi, rasanya pahit. Yah tidak salah memang, akan tetapi ngopi tidak hanya menikmati rasa kopi itu sendiri, tetapi momennya, rasa nyantai dan fresh-nya, bahkan tubuhmu terasa lebih berenergi.

Ternyata ini dia manfaat kopi

Melalui kegiatan ngopi, tentunya gak hanya kenikmatan rasanya yang kamu dapatkan, melainkan juga manfaat lain. Manfaat kopi yang langsung kamu rasakan adalah tubuhmu menjadi jreng gitu. Nah hal itu karena kandungan kafein di kopi, bahkan beberapa penelitian menyebutkan bahwa para pecinta kopi memiliki resiko yang lebih kecil untuk terkena penyakit diabetes, mencegah penyakit otak, bahkan menjaga kesehatan jantung kamu lho. Nah bagaimana, mulai tertarik menjadi pecinta kopi hitam bukan? Eitss tenang, bagi kamu yang gak suka akan rasa pahitnya kopi atau rasa asamnya kopi tenang saja. Karena saat ini banyak sekali jenis olahan minuman kopi dengan berbagai cita rasanya. Bahkan ada juga jenis kopi yang tidak terlalu pahit atau terlalu asam, yang pas buat kamu penikmat kopi pemula.

Ini Dia Jenis Minuman Kopi yang Memanjakan Lidah

Kopi Espresso

Bagi kamu kaum milenial yang hobi nongkrong nih, pasti kenal dengan kopi yang satu ini. Kopi espresso hampir selalu menjadi minuman kopi terfavorit. Espresso dibuat dengan mesin brewing khusus dan dialiri air dengan tekanan tinggi. Ekstrak kopi yang dihasilkan rasanya tergolong pahit, tapi jangan takut ada juga sajian kopi espresso susu yang cocok buat kamu dengan varian ada manis-manisnya gitu.

Caffe Latte

Nah jenis minuman kopi yang satu ini cocok buat kamu yang gak terlalu suka kopi, tapi pengen ngopi. Base-nya sendiri dari kopi espresso yah, akan tetapi terdapat penambahan susu yang umumnya dengan perbandingan 1:2. Bahkan kreasi anak milenial sekarang gak diragukan lagi, terkadang kamu dapat menemui ukiran latte yang indah diatas minumanmu, baik berupa hiasan bunga, daun, bahkan simbol love.

Cappuccino

Nah menu yang satu ini dijamin bikin kamu ketagihan. Hampir kebanyakan orang memesan menu kopi yang satu ini. Mengapa tidak, rasanya yang sungguh nikmat, dengan paduan kopi espresso, ditambah steam milk, dan ada juga yang menambahkan susu foam dengan taburan coklat diatasnya. Eeh, dengernya aja sudah ngiler bukan?

Mochachino

Dari namanya saja sudah ketahuan bukan? Minuman kopi yang satu ini tentunya terdapat moka didalamnya alias ada campuran coklatnya. Nah ini cocok banget bagi kamu yang suka dengan coklat. Dalam penyajiannya mochachino diracik dari 40% kopi espresso, 40% coklat, dan 20%-nya adalah susu. Tentunya sudah dapat ditebak bukan, rasanya pasti nikmat karena ada rasa pahit kopinya, rasa khas akan coklat dan manisnya susu yang menjadi satu.

Tentunya masih banyak banget jenis minuman kopi yang bisa kamu nikmati, mulai dari kopi hitam murni, ada juga mochachino, flat white, americano, macchiato, dan lainnya. Kamu dapat mencicipinya satu-satu yah di warung kopi atau cafe terdekat. Jadi rasa kopi itu gak selalu pahit yah, bahkan kamu bisa menemukan olahan dengan rasa kopi yang enak dan creamy. 

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.