khasiat minum kopi kopitem

Tradisi Ngopi Tidak Hanya Bikin Mata Melek Lho! Yuk Simak Khasiat Tersembunyinya

Ngomong-ngomong soal kopi tentunya kamu sudah tahu bukan? karena kopi merupakan salah satu minuman yang melekat di masyarakat Indonesia sejak nenek moyang dulu. Bahkan kopi tidak bisa terlepas dari gaya hidup masa kini, mulai dari bapak-bapak, kaum millennial, anak tongkrongan, bahkan kaum cewek juga yah.

Ngopi sudah menjadi tradisi?

Umumnya tradisi ngopi dilakukan dikala pagi hari sambil menikmati sarapan, siang bolong saat jam istirahat, maupun malam hari sambil menikmati nonton tv. Tidak hanya itu ketika kamu sedang kumpul-kumpul umumnya juga terdapat kopi yang menemani. Ketersediaan kopi di Indonesia berlimpah tentunya, kita dapat menemukan perkebunan kopi nusantara di daerah dataran tinggi.

Ngomong-ngomong soal perkebunan kopi, banyak sekali jenis kopi nusantara yang nikmat akan citarasanya. Ada kopi arabika gayo Sumatera, kopi robusta Temanggung, kopi arabika flores, kopi arabika kintamani Bali, kopi arabika Toraja, kopi arabika Java Ijen, kopi liberika rangsang meranti, dan masih banyak lainnya. Tentunya setiap jenisnya memiliki cita rasa yang khas dan teknik penyajian yang unik.

Dimana tempat ngopi yang asyik?

Tempat ngopi itu bisa dimana saja dan fleksibel dilakukan kapan saja tentunya. Mayoritas masyarakat Indonesia bekerja di sektor pertanian dan perkebunan, tentunya kopi selalu menemani aktivitas harian. Sebelum berkebun nyeruput kopi, ketika istirahat siang haripun ngopi. Yah mengapa tidak, karena ngopi memberikan kenikmatan tersendiri dimanapun tempatnya.

Dengan adanya perkembangan industri makanan dan minuman (FnB), sajian kopi tidak hanya murni dalam bentuk serbuk kopi murni. Bahkan telah banyak sekali jenis pengolahannya dan dicampur dengan bahan lain untuk menambah kenikmatan tersendiri. Beberapa jenis sajian kopi dapat kamu temukan di tempat ngopi seperti kopi hitam, cappuccino, mochaccino, americano dan lain sebagainya.

Banyaknya jenis olahan kopi tersebut tentunya menambah jumlah orang akan pecinta kopi. Bahkan kamu yang gak suka kopi pahit nih, kamu bisa menikmati jenis minuman kopi yang lain dengan rasa yang nikmat, ada rasa pahit kopinya, ada manisnya, bahkan ada creamy-creamy-nya gitu. Apalagi kamu kaum milenial atau anak kuliahan, tentunya ngopi dapat menjadi temanmu dalam mengerjakan tugas-tugas perkuliahan.

Tradisi ngopi tidak hanya berhubungan dengan ngopi saja yah atau menikmati waktu sendiri. Akan tetapi kamu dapat menikmati waktu santai sambil nongkrong dan cerita bersama teman tongkrongan. Manfaat ngopi tidak hanya membuat tubuhmu merasa segar, tetapi juga dapat meningkatkan mood, momen ngumpul dengan teman, mempererat tali silaturahmi, hingga menemani waktu santai kamu.

Manfaat ngopi apa saja ya?

Kebanyakan dari kita tahunya adalah kalo ngopi itu untuk menemanimu begadang supaya gak ngantuk. Yah memang benar, karena kandungan kafein di kopi menjadi stimulan untuk otak agar menjadi fresh dan tidak cepat mengantuk. Bahkan kafein juga tergolong zat stimulan untuk meningkatkan suasana hati dan meningkatkan energi. Jadi tidak heran kadang bagi kamu yang kebanyakan minum kopi, eh malah jadi deg-degan tapi bukan karena jatuh cinta yah.

Ternyata kopi juga berkhasiat untuk menurunkan resiko penyakit diabetes tipe dua. Penyakit tersebut menyebabkan penurunan kemampuan tubuh dalam produksi insulin. Berdasarkan beberapa studi menunjukkan bahwa penikmat kopi memiliki resiko terkena penyakit tersebut 20-50% lebih rendah. Tentunya kamu juga harus mempertimbangkan sajian kopimu yah, jangan sampai juga terlampau banyak gula.

Manfaat ngopi yang mungkin kamu baru tahu adalah dengan ngopi dapat membantu penurunan berat badan. Lah, kok bisa? Yah karena kandungan kafein dalam kopi mampu meningkatkan pembakaran lemak hingga 10% pada orang gemuk. Bagi tipe badan kurus bahkan pembakaran lemak hingga 29%. Tentunya hal tersebut juga dipengaruhi oleh aktivitas harianmu dan konsumsi makanan yah.

Itu dia sedikit cerita tentang dunia kopi, mulai dari tradisi ngopi hingga khasiat rahasianya. Gimana, ngopi itu mengasyikkan dan memberi manfaat bukan? Apalagi bagi kamu pecinta kopi hitam dengan segala kenikmatannya, yuk temukan artikel menarik tentang kopi lainnya.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply