Inilah Alasan Kenapa Lebih Baik Menyeduh Kopi Sendiri di Rumah Daripada Beli

3 minutesAda beberapa alasan kenapa lebih baik menyeduh kopi sendiri daripada membelinya, diantaranya adalah menjadikan kegiatan menyeduh kopi menjadi kegiatan menyenangkan setiap harinya, dapat mengeksplor kopi lebih ‘dalam’ tanpa takut mengganggu orang lain, mencoba berbagai jenis kopi dan pastinya bisa menghemat uang. Bagaimana menurut kamu?

Share

5 Rekomendasi Grinder Kopi Favorit Untuk Para Pecinta Kopi

5 minutesGrinder kopi merupakan alat wajib yang harus dimiliki oleh para pecinta kopi. Dengan begitu banyak jenis grinder kopi favorit yang ada, grinder kopi manakah yang cocok untuk kamu miliki? Grinder manual atau grinder otomatis?

Share

Apa yang Terjadi Jika Pecandu Kopi Tidak Minum Kopi?

3 minutesBagi pecandu kopi, tidak minum kopi satu hari saja dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti rasa pusing, perasaan tidak nyaman, sulit berkonsentrasi dan gelisah. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Share

7 Alat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

6 minutesBudaya minum kopi di Indonesia semakin berkembang, terlihat dengan munculnya banyak kedai kopi di berbagai daerah, mulai dari kedai kopi sederhana sampai kedai kopi mewah. Ketika kamu ingin membuka kedai kopi, maka ada 7 alat kopi yang wajib kamu miliki, salah satunya adalah grinder kopi.

Share

7 Aplikasi IOS dan Android yang Berhubungan dengan Kopi

4 minutesInovasi teknologi kopi sekarang ini juga menawarkan berbagai macam aplikasi IOS dan android yang berhubungan dengan kopi. Simak ulasan berikut ini tentang aplikasi IOS dan android yang berhubungan dengan kopi. Selengkapnya.

Share

6 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membuat Kopi di Rumah

4 minutesKebiasaan minum kopi sudah menjadi tradisi bagi kita penduduk di Indonesia. Banyak dari kita yang selama ini hanya melihat orang saja bagaimana cara membuat kopi tersebut. Saat ini hanya melihat saja rasanya gak cukup. Diantara kita pasti juga ingin mempunyai keahlian untuk membuat kopi yang enak seperti di coffeeshop favorit.

Share

Tips Ngopi di Bulan Puasa

2 minutesAda yang berpikiran bahwa datangnya bulan puasa bisa mengganggu kebiasaan ngopi mereka. Justru seharusnya kita bersyukur dengan datangnya bulan suci ramadan, bulan yang penuh berkah membawa kebaikan bagi kita semua. Sebenarnya tidak ada larangan untuk ngopi selama bulan puasa, hanya saja porsi ngopi-nya saja yang harus kita kurangin.

Share

Perbedaan Espresso dan Filter Kopi, Mana yang lebih baik?

4 minutesSaat ini kopi bukan hanya sekedar kopi. Apalagi kopi sudah memasuki era gelombang ketiga atau yang juga dikenal dengan istilah third wave coffee seperti sekarang. Banyak coffee shop diluaran sana yang sudah menyajikan berbagai metode penyajian kopi khas kepunyaan mereka sendiri. Terkadang kita dibuat bingung sendiri dengan banyaknya nama “aneh” yang terdapat pada menu board coffee shop tersebut. Sebut saja menu espresso based atau filter based.

Share

Baca ini dulu, agar kopi yang kamu buat enak!

6 minutesBanyak faktor yang mempengaruhi agar kopi yang kamu seduh mempunyai citarasa yang kompleks, mulai dari ukuran nge-grind biji kopi, waktu penyeduhan kopi, temperatur air, dan yang pasti biji kopinya sendiri.

Share

Pengertian Kopi Single Origin yang Harus Kamu Ketahui

3 minutesSaat ini kopi sudah memasuki era gelombang ketiga atau yang juga dikenal dengan istilah third wave coffee. Banyak istilah baru bermunculan di gelombang ketiga ini. Bagi sebagian orang istilah-istilah tersebut dianggap penting oleh mereka, sebagian lagi malah hanya menganggapnya biasa saja. Kamu termasuk ke bagian yang mana?

Share

Panduan Lengkap Membuat Kopi dengan French Press

3 minutesKopi yang dibuat dengan metode French Press biasanya memiliki rasa yang lembut, kaya rasa dan memanjakan, serasa lagi minum kopi di negara Prancis, sama seperti nama alatnya, French Press. Apalagi jika kamu padukan dengan croissant atau mungkin Suzette, dijamin pasti kamu ‘beneran’ serasa lagi di Paris. Yap, French Press merupakan salah satu metode manual menyeduh kopi yang banyak peminatnya.

Share

Tips Membuat Kopi dengan Aeropress

3 minutesBanyak metode yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh kopi favorit kamu. Salah satunya dengan Aeropress. Aeropress adalah sebuah alat seduh kopi manual yang diciptakan oleh orang berkebangsaan Amerika yang bernama Alan Adler pada tahun 2005. Aeropress di klaim bisa menghasilkan kopi sepekat espresso, sesuai dengan tagline yang ‘dikemas’ di mereknya, Aeropress “coffee and espresso maker”.

Share

4 Ide Bisnis Kopi Yang Mudah Dilakukan

3 minutesSaat ini kopi sedang menjadi topik hangat di semua lapisan masyarakat. Buah kopi yang dulunya tidak pernah diperhatikan, sekarang berubah menjadi ‘primadona’ di dunia bisnis. Semua orang berlomba-lomba untuk berbisnis kopi dengan berbagai macam bentuk bisnis. Siapa yang kreatif, dialah pemenangnya.

Share

Pengertian Kopi Specialty

2 minutesSemakin hari, dunia kopi semakin berkembang, muncul berbagai istilah baru yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu dengar seperti first wave coffee, third wave coffee, manual brew, single origin, dan kopi specialty. Jika sebelumnya kopitem sudah pernah membahas tentang istilah first wave hingga third wave kopi, sekarang kopitem ingin membahas apa itu kopi Specialty.

Share

Mengenal Istilah First Wave, Second Wave, dan Third Wave pada Kopi

3 minutesSemua makhluk hidup pasti berevolusi, contohnya kita sebagai manusia pasti mengalami evolusi, begitu juga kopi. Kopi juga mengalami evolusi. Seperti apakah evolusi yang dialami oleh kopi? Ternyata evolusi di dunia kopi dikenal dengan istilah first wave, second wave dan third wave coffee.

Share

Mengenal Istilah Pasca Panen Kopi

3 minutesUntuk menghasilkan kopi yang enak itu terdapat peran petani didalamnya sebesar 60%, roaster (penyangrai kopi) 30%, sisa 10% nya ada di barista atau penyeduh kopi. Kopitem ingin berbagi pengetahuan tentang beberapa istilah yang ada pada proses pasca panen kopi yang sering dilakukan oleh petani kopi.

Share

Proses Panen Biji Kopi Sampai ke Cangkir Kita

2 minutesTernyata untuk mendapatkan biji kopi terbaik untuk diminum tidak semudah yang kita kira sahabat kopitem, dibutuhkan proses yang panjang dan juga pengorbanan. Kopitem ingin berbagi pengetahuan kepada sahabat tentang proses biji kopi sebelum dipanen hingga sampai ke cangkir sahabat.

Share

Efek Mengkonsumsi Kopi Berlebihan

2 minutesMenurut nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD jika kopi diminum secara cukup dan tak berlebihan serta tidak banyak campuran, kopi bisa memberikan berbagai macam efek positif bagi kesehatan kita, mulai dari bikin berenergi, hingga bantu bakar lemak lebih banyak.

Share

5 Manfaat Minum Kopi part 2

2 minutesBanyak sekali manfaat dari minum kopi untuk kesehatan kita seperti meningkatkan energi, peningkatan memori, menurunkan resiko diabetes tipe 2, melawan depresi.

Share

6 Menu Racikan Kopi yang Tidak Biasa

3 minutesSudah tidak dipungkiri lagi bahwa minum kopi merupakan suatu kenikmatan bagi kita. Baik itu minum kopi hitam murni tanpa campuran gula, dan susu maupun minum kopi yang sudah diracik dengan berbagai macam bahan minuman ataupun bahan makanan. Kopitem mau memperkenalkan menu racikan kopi yang “tidak biasa”.

Share

5 Manfaat Minum Kopi part 1

2 minutesBegitu kita mendengar kata kopi, langsung yang terlintas dipikiran kita adalah minuman berwarna hitam, rasanya pahit, tapi walaupun pahit, minuman kopi ternyata banyak penggemarnya. Memang, sesuatu yang pahit tak lantas serta-merta dijauhi. Mengapa demikian? Nah, ternyata dari kopi, minuman yang katanya pahit ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat.

Share

Jenis-jenis Kopi

2 minutesTernyata ada banyak sekali jenis kopi yang terdapat di dunia ini. Ada sekitar 90 jenis kopi jumlahnya. Diantara 90 jenis kopi yang ditemukan, ada 25 jenis kopi yang buahnya paling komersil, tetapi hanya ada 4 jenis kopi yang paling terkenal di dunia jual beli biji kopi. Dan keempat jenis kopi tersebut yaitu kopi arabika, kopi robusta, kopi liberika, dan kopi ekselsa.

Share