perbedaan long black, americano dan tubruk

Inilah Perbedaan Americano, Long Black dan Kopi Tubruk

Minum kopi hangat di pagi hari merupakan sebuah kenikmatan yang tidak bisa di bayangkan. Menyeruput kopi hitam pekat dengan rasa yang menyegarkan adalah pilihan yang sangat tepat sebelum memulai rutinitas sehari – hari.  Hal ini sudah menjadi kebiasaan baru yang banyak orang lakukan di seluruh dunia. Tak heran, kaum kawula muda pun juga sudah terbiasa mengonsumsi kopi di pagi hari. 

Artikel ini membahas tentang:

Dari berbagai jenis minuman kopi yang ada, kopi yang pertama kali muncul di pikiran kita pasti jawabannya adalah kopi hitam. Kopi hitam ini menjadi salah satu kopi yang pertama muncul di kehidupan kita sehari – hari.  Di beberapa wilayah di Indonesia kopi hitam ini sering dikenal dengan sebutan kopi tubruk. Dengan bertambahnya pengetahuan dan berkembangnya jaman tentang kopi, kopi hitam ternyata memiliki banyak varian yang unik dan sangat berbeda-beda dari kopi hitam yang kita kenal dahulu.  

Adapun beberapa evolusi dari varian kopi hitam memiliki nama lain seperti Long Black, Americano dan Kopi Tubruk. Ketiga varian kopi hitam tersebut memiliki perbedaan yang sangat signifikan didalam hal rasa dan tampilannya. Akan tetapi tentu saja dengan berbagai macam kopi hitam yang berkembang saat ini, banyak dari mereka yang masi awam dan seringkali di pusingkan dengan nama – nama tersebut. Pada dasarnya ketiga varian kopi tersebut adalah kopi hitam, jadi sangat tidak heran apabila ada seseorang yang tidak mengetahui perbedaan yang sangat signifikan yang dimiliki dari ketiga kopi tersebut. Jadi untuk itu mari mengenal lebih dalam lagi mengenai perbedaan – perbedaan yang dimiliki dari ketiga varian kopi hitam  ini.

Long Black

Long Black merupakan minuman kopi khas yang berasal dari Australia dan Selandia Baru. Jenis minuman yang termasuk keluarga kopi hitam ini terdiri dari espresso dan air panas. Long Black biasanya disajikan dengan menyiapkan air panas terlebih dahulu, lalu kemudian dicampurkan dengan espresso didalamnya. Sedikit mengenal tentang apa itu espresso? Espresso adalah proses penyeduhan kopi dimana didalam prosesnya menggunakan tekanan tinggi lalu akan menghasilkan ekstrak kopi yang kental. Pada pembuatan Long Black rasio air dan espresso yang di gunakan biasanya disesuaikan dengan selera, misalkan 160 ml air dapat menggunakan 30 ml espresso. Salah satu ciri dari Long Black itu sendiri identik dengan adanya sisa krema yang berada pada permukaan kopi.  Hal itu disebabkan karena air panas di tuang terlebih dahulu sebelum espresso, itulah yang membuat krema yang terdapat diatas kopi tetap utuh berada di permukaan cangkir. Inilah yang menyebabkan Long Black menjadi salah satu jenis kopi hitam yang berbeda dari jenis kopi hitam lainnya.

Americano

Kopi Americano, melihat namanya saja bisa kita tebak kopi hitam ini pastinya berasal dari Amerika. Menurut cerita, kopi Americano ini ada berkat para tentara Amerika yang datang ke Italia. Waktu itu kopi espresso terlalu pahit dan kurang familiar bagi tentara Amerika. Oleh sebab itu, untuk membuat racikan kopi yang pas di lidah dengan mudahnya para tentara menambahkan air kedalam kopi espressonya. Singkat cerita, lahirlah kopi Americano yang menjadi minuman mendunia tidak sebatas hanya di Amerika saja. Americano tentu saja sangat berbeda dengan Long Black. Yang membuat kedua minuman ini berbeda adalah sebenarnya sederhana sekali, yaitu dengan cara penyajiannya. Americano disajikan dengan cara espresso disiapkan terlebih dahulu lalu setelah itu baru di campurkan dengan air panas. Pada Americano biasanya tidak akan meninggalkan krema pada permukan cangkir.  hal itu disebabkan karena espresso telah di siram oleh air panas sehingga membuat pecah krema yang terdapat pada espresso. Itulah yang membuat perbedaan yang sangat jelas antara Americano dan Long Black, keberadaan krema pada permukaan cangkir inilah yang dapat membedakan kedua jenis kopi hitam ini.

Kopi Tubruk 

Bagi orang yang sudah tua atau berumur, menikmati kopi tubruk merupakan rutinitas yang wajib dilakukan pada pagi maupun sore hari. Kopi tubruk merupakan salah satu minuman yang sangat umum bagi masyarakat Indonesia. Sebenarnya apa sih kopi tubruk itu?! Nama kopi atau teknik pembuatan kopi? 

Kopi tubruk itu sendiri adalah minuman yang berasal dari Indonesia yang disajikan dalam bentuk kopi hitam yang dinikmati berikut dengan ampas – ampasnya. Biasanya kopi tubruk disiapkan dengan bubuk kopi yang sudah digiling sampai halus sesuai dengan selera kemudian disiram dengan air panas. Gula atau pemanis pun juga biasanya dapat ditambahkan pada minuman ini sesuai selera. Perbedaan yang sangat signifikan yang dapat kita lihat dari Long Black, Americano dengan Kopi Tubruk adalah baik itu Long Black atau Americano dapat disajikan didalam bentuk minuman kopi yang dingin sedangkan Kopi Tubruk tidak. Karena pada Long Black dan Americano menggunakan espresso based, sehingga tidak terdapat atau ditemukannya ampas kopi pada kedua minuman tersebut.

Itulah yang menjadi perbedaan 3 jenis kopi hitam diatas, serupa akan tetapi tidak sama. Dengan memiliki ciri khas masing – masing tentu saja minuman ini memiliki perbedaan antara satu dan lainnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian seputaran kopi.

Terima kasih. Salam kopi.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *