manfaat masker kopi - kopitem

10 Manfaat Masker Kopi Untuk Wajah dan Kulit Makin Glowing!

Manfaat Masker Kopi. Apakah kalian tahu, kopi adalah minuman yang dihasilkan dari seduhan biji kopi dengan proses disangrai dan dihaluskan menjadi bubuk kopi dan merupakan salah satu minuman yang telah dibudidayakan hampir di seluruh dunia. Penemuan kopi telah tercatat sebagai sejarah minuman berkhasiat dan berenergi yang telah di temukan pertama kali oleh bangsa Eropa di benua Afrika pada 3000 tahun yang lalu.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan kopi menjadi sangat populer sampai saat ini sebagai salah satu minuman favorit dikalangan masyarakat seluruh dunia. Selain memiliki rasa dan aroma yang khusus dan menarik, kopi juga memiliki beberapa manfaat pada kesehatan seperti menurunkan resiko terjadinya penyakit kanker, diabetes, penyakit jantung dan tentu saja kopi juga bisa untuk menunda penuaan.

Kita tahu minuman kopi biasanya dipakai hanya untuk menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan, karena kopi itu sendiri mempunyai kandungan zat kafein. Akan tetapi kalian juga harus tahu ternyata biji kopi kaya akan kandungan antioksidan lho. Maka dari itu kopi juga dapat dipergunakan menjadi masker wajah yang sangat alami pada tubuh dan kulit wajah kita. Zat di dalam kopi tersebut dapat menangkal berbagai radikal bebas, sehingga kulit pada wajah terlihat lebih cerah dan sehat. kalian pun dapat membuat masker kopi sendiri di rumah, karena sangat mudah sekali.

Pertama – tama kalian bisa mencari atau membeli biji kopi asli dan alami yang telah ditumbuk dan dihaluskan kemudian campurkan dengan pelarut yang alami seperti minyak zaitun yang bersifat non komedogenik.

Cara Membuat Masker Kopi:

  • Campurkan bubuk kopi yang sudah disiapkan dengan minyak zaitun dengan jumlah takaran yang sama lalu aduk rata hingga bubuk kopi dan minyak zaitun bercampur menjadi satu.
  • Kemudian setelah campuran merata, oleskan pada pada wajah kalian dengan gerakan memutar secara lembut dan perlahan.
  • Setelah itu diamkanlah sekitar 10 menit sampai 30 menit, selanjutnya setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hangat.
  • Gunakan masker kopi tersebut kurang lebih 1-2 kali dalam seminggu.

Nah, apabila sudah rutin menggunakan masker kopi pada kulit wajah, kalian pasti akan mendapatkan manfaat–manfaat yang dihasilkan masker kopi tersebut. Apa saja sih manfaat yang dapat dihasilkan bila kita menggunakan masker kopi:

Manfaat Masker Kopi

1. Merawat Kulit yang Terbakar

Kalian yang sering beraktivitas diluar ruangan tentunya pasti tidak akan dapat menghindari yang namanya terkena sinar matahari. Apabila sering atau terlalu lama terkena sinar matahari akan dapat membuat kulit wajah atau kulit pada tubuh menjadi terbakar karenanya dan mengalami iritasi pada kulit. Masker kopi akan sangat bermanfaat untuk dapat kalian gunakan di dalam merawat kulit wajah atau tubuh kalian yang lama terpapar sinar UV (ultraviolet). 

Untuk merawat kulit yang terbakar kalian dapat membuat campuran kopi dengan dengan es batu, kemudian celupkan handuk ke dalam campuran kopi dengan es batu tersebut. Lalu usapkan lah handuk kebagian kulit atau wajah yang terbakar. Itu akan dapat memberikan efek shooting dan calming pada kulit yang terbakar. Menggunakan kopi sebagai masker dapat menenangkan kulit wajah kalian karena ada kandungan antioksidan yang terkandung didalamnya.

2. Sebagai Anti Oksidan 

Kopi memiliki berbagai jenis antioksidan kuat yang dikandungnya, seperti hydrocinnamic acid dan polyphenols. Hydrocinnamic acid ini bisa diketahui kandungan pada kopi yang dapat menangkal radikal bebas serta dapat mencegah ketidakseimbangan radikal bebas dan antioksidan pada tubuh. Sebenarnya tubuh kita sudah memproduksi antioksidan sendiri, dengan bertambahnya usia, produksi yang dihasilkan akan berkurang. Oleh sebab itu masker kopi dapat digunakan sebagai antioksidan tambahan pada tubuh. Sedangkan polyphenols dapat mencegah penyakit  lain seperti jantung, diabetes dan bahkan penyakit kanker.

3. Mengurai Jerawat pada Wajah

Manfaat lainnya dari masker kopi juga adalah dapat mengurangi jerawat yang timbul pada wajah. Hal tersebut dapat disebabkan karena adanya kandungan antioksidan asam chlorogenic acid dan stimulan yang terdapat pada kopi. Kandungan – kandungan inilah yang dapat membersihkan pori-pori yang tersumbat pada wajah. 

Tersumbatnya pori-pori pada wajah dapat disebabkan oleh sel kulit mati atau karena minyak yang berlebihan. Dengan mengoleskan ampas kopi ke wajah dan bilas dengan air akan dapat mengatasi masalah tersebut. Selain itu mencampurkan kopi dengan madu dapat menghilangkan bekas jerawatnya.

4. Mengangkat Sel-sel kulit mati 

Sel kulit mati di dalam tubuh memang sangat sulit untuk dihilangkan. Sel kulit mati dan kotoran pada kulit merupakan salah satu yang dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Melakukan deep cleaning dengan scrub dapat membersihkan sel kulit yang mati pada tubuh. Kalian dapat menggunakan bahan alami seperti kopi untuk dijadikan scrub. Kandungan asam yang dimiliki pada kopi dapat mengangkat sel –sel kulit yang mati dan tentunya dapat melancarkan aliran darah pada kulit yang membuat kulit tampak lebih cerah.

5. Menghilangkan Mata Panda

Memiliki lingkaran hitam pada mata tentu saja dapat mempengaruhi penampilan pada wajah. Kamu dapat menggunakan masker kopi untuk dapat mengatasi masalah lingkaran hitam pada mata. Kopi memiliki kandungan kafein yang dapat membantu melebarkan peredaran darah pada area mata. Hal tersebut dapat menyamarkan atau menghilangkan lingkaran gelap pada area mata, karena adanya penyempitan pembuluh darah pada area tersebut yang menyebabkan terjadinya mata panda.

6. Mengurangi Peradangan pada Kulit

Peradangan kulit dapat terjadi juga pada wajah, kalian dapat menggunakan masker kopi untuk dapat mengurangi peradangan pada kulit. Kandungan polifenol dan asam hidroksamik yang dimiliki pada kopi dapat membantu peradangan pada kulit juga dapat mengatasi pembengkakan akibat peradangan tersebut.

7. Mencegah Penuaan Dini

Masker kopi dapat mengurangi tanda-tanda penuaan dini pada kulit, karena kopi itu sendiri memiliki antioksidan yang dapat bekerja sebagai anti aging.  Kandungan polifenol pada antioksidan di dalam kopi dapat menangkal radikal bebas yang biasanya dapat merusak kulit. Menggunakan masker kopi secara rutin akan dapat membuat kulit menjadi awet muda.

8. Mengencangkan Kulit

Menggunakan masker kopi secara rutin dapat memperlancar aliran darah, sehingga menyebabkan produksi kolagen di wajah meningkat. Kolagen tersebut merupakan protein yang dapat memberikan kekuatan dan elastisitas pada kulit. Maka dari itu menggunakan masker kopi secara rutin dapat membuat kulit menjadi lebih kencang dan sehat. radikal bebas dan bakteri akan menjadi sulit untuk dapat memasuki permukaan kulit.

9. Memiliki Vitamin B3 yang Berlimpah

Kopi juga memiliki kandungan vitamin B3 yang sangat berlimpah. Kandungan ini sangat berperan penting di dalam mencegah terjadinya kanker kulit.

10. Dapat Mengatasi Komedo

Manfaat lainnya pada masker kopi juga dapat melawan komedo yang terdapat pada hidung kita. Terbukanya pori-pori pada wajah menyebabkan munculnya komedo hitam, sehingga minyak dan bakteri yang bercampur dengan udara akan berubah menjadi gelap. 

Kalian dapat mengatasi komedo dengan campuran masker kopi tambahkan  satu sendok makan gula, kemudian dicampur dengan air secukupnya. Oleskan adonan tersebut pada bagian kulit yang memiliki komedo , diamkan selama 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

Demikian manfaat dari masker kopi, apakah kamu mempunyai pengalaman lain dengan masker kopi? Sharing yuk di kolom komentar.

Terima kasih.
Salam kopi



Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *