Tips Ngopi di Bulan Puasa

Tips Ngopi di Bulan Puasa

2 minutes

Tidak ada larangan untuk mengonsumsi kopi di bulan puasa, hanya saja ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan, seperti waktu ngopi, kuantitas dan tentunya kualitas kopi yang kamu minum.

Ada yang berpikiran bahwa datangnya bulan puasa bisa mengganggu kebiasaan ngopi mereka. Justru seharusnya kita bersyukur dengan datangnya bulan suci ramadan, bulan yang penuh berkah membawa kebaikan bagi kita semua.

Sebenarnya tidak ada larangan untuk ngopi selama bulan puasa, hanya saja porsi ngopi-nya saja yang harus kita kurangin.

Berikut tips yang harus kamu perhatikan ketika ingin tetap ngopi di bulan puasa :

1. Perhatikan waktu ngopi

Ketentuan saat puasa yang tidak memperbolehkan makan dan minum di siang hari membuat para peminum kopi harus mengatur ulang kebiasaan minum kopinya.

a. Saat sahur

Diperbolehkan untuk minum kopi saat sahur, tapi sebaiknya hanya secangkir kopi saja. Minum kopi saat sahur bertujuan untuk memberikan energi ke tubuh, dan membuat tidak ngantuk saat beraktivitas di pagi hari. Sebaiknya kamu imbangi juga mengonsumsi air putih yang cukup agar tidak dehidrasi.

b. 2 jam setelah berbuka puasa

Jangan berbuka puasa langsung dengan mengonsumsi kopi. Lebih baik kamu berbuka puasa dengan air putih dan makanan yang manis terlebih dahulu. Setelah kurang lebih 2 jam, baru kamu bisa menikmati kopi favorit kamu. Alangkah lebih baiknya lagi apalagi kamu ngopi-nya sebelum shalat isya atau tarawih. Agar energi yang di dapat dari minum kopi bisa kamu rasakan saat beribadah. Kamu bisa lebih tenang dan khusyuk saat beribadah tanpa mengantuk.

2. Perhatikan kopi yang di konsumsi

Saat puasa seperti ini sebaiknya kopi yang kamu konsumsi berjenis kopi arabika. Karena kopi arabika kafeinnya lebih rendah dari robusta yang memiliki 2 kali lipat kafeinnya.

Dan sebaiknya kopi yang kamu konsumsi kopi yang segar, fresh. kopi instanJangan yang akan mengganggu kesehatan kamu.

3. Jangan berlebihan

Kondisi tubuh kita saat tidak berpuasa dan berpuasa pasti berbeda. Karena itu kebiasaan ngopi kita pun harus disesuaikan, agar tubuh kita tidak sakit. Apabila saat tidak puasa kamu terbiasa ngopi 3-4 gelas, dibulan puasa cukup 1-2 gelas saja dalam 1 hari. Jangan memaksakan kehendak, sesuaikan dengan keadaan badan kamu.

4. Imbangi dengan konsumsi air mineral

Sebenarnya tips ini bukan hanya dilakukan saat puasa saja, karena saat tidak puasa pun apabila kita sering mengonsumsi kopi, maka alangkah baiknya jika kita juga imbangi dengan mengonsumsi air mineral, agar tubuh kita tidak kekurangan cairan.

Oleh karena saat bulan puasa seperti sekarang ini, sangat penting kamu untuk mengimbangi ngopi dengan minum air mineral agar badan kamu tidak kekurangan cairan saat menjalankan ibadah puasa.

I don’t know how people live without coffee, I really don’t.
Martha Quinn

Kesimpulan

Setelah membaca tips diatas, maka tidak ada alasan untuk kita tidak ngopi selama bulan ramadan, ya gak? 

Share yuk kebiasaan ngopi kamu di bulan puasa.

Selamat menjalankan ibadah puasa buat sahabat kopitem yang menjalakannya.

Happy fasting.
Salam kopi.

Share