6 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membuat Kopi di Rumah

6 Tips yang Harus Kamu Perhatikan Ketika Membuat Kopi di Rumah

4 minutes

Untuk membuat kopi yang enak di rumah, diperlukan waktu dan kesabaran agar kopi yang dihasilkan bisa sesuai dengan yang diharapkan. Tidak ada yang instan.

Kebiasaan minum kopi sudah menjadi tradisi bagi kita penduduk di Indonesia. Banyak dari kita yang selama ini hanya melihat orang saja bagaimana cara membuat kopi tersebut. Saat ini hanya melihat saja rasanya gak cukup. Diantara kita pasti juga ingin mempunyai keahlian untuk membuat kopi yang enak seperti yang ada di coffeeshop terkenal dan mahal diluaran sana.

Meskipun kamu hanya membuat kopi dirumah, tapi kamu bisa lho membuat kopi yang rasanya mirip dengan kopi-kopi yang ada di coffeeshop tersebut, lebih enak malah, asalkan kamu memperhatikan 6 tips berikut ini :

1. Mulai dengan Peralatan yang Tepat

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan ialah peralatan yang akan kamu gunakan untuk membuat kopi di rumah. Ada banyak macam peralatan membuat kopi yang bisa kamu miliki. Kamu tinggal pilih mau alat yang seperti apa. Ada yang murah dan ada juga yang mahal tapi komplit. Karena kamu masih mau belajar membuat kopi dirumah, mulailah dengan alat yang penting dan terjangkau dulu. Kamu bisa membeli alat seperti french press dan vietnam drip. Selain harganya yang terjangkau, cara penggunaannya juga mudah.

Setelah kamu rasa cukup mahir dengan alat tersebut, kamu bisa mulai mencicil alat kopi lainnya. Saran dari kopitem, jika kamu ingin benar-benar menjadi ‘barista’ di rumah sendiri, investasikan sedikit uang kamu untuk membeli grinder yang bagus. Setelah mendapat grinder yang bagus dan sesuai, barulah kamu mulai membeli alat lainnya seperti scale, kettle dan dripper model v60 atau flat bottom.

French Press Coffee 350ml

Rp185000

2. Pahami Prinsip Membuat Kopi

Tunggu? membuat kopi pun membutuhkan prinsip? Bukannya membuat kopi tinggal menuangkan air panas diatas kopi, aduk dan minum? Ya, kalau kamu cukup dengan rasa kopi yang biasa-biasa aja silahkan. Tapi yang kita bahas disini adalah tips membuat kopi yang enak meskipun hanya dari rumah membuatnya.

Oke, jadi dalam prinsip membuat kopi, kamu akan menjadi seorang ‘ahli kimia dalam waktu 5 menit’. Kenapa? karena kamu harus memahami beberapa istilah kimia yang ada pada kopi, seperti struktur biji kopi, proses ekstraksi kopi, suhu, air, hasil gilingan kopi. Ribet? Tenaang, kopitem sudah menjelaskannya secara detail disini. Silahkan baca kalau kamu ingin tahu lebih dalam tentang prinsip membuat kopi. Jika kamu rasa sudah paham, silahkan lanjut ke tips ketiga.

I also have immense respect for the unhurried and artful. Manual brew methods embody the patience and meticulousness that I wish society valued more. Brewing coffee manually enables me to slow down and find joy in simple things done well.
Garrett Oden

3. Terus Belajar dan Belajar

Setelah kamu berhasil membuat kopi dirumah, jangan langsung senang atau puas dulu, masih banyak hal yang harus kamu pelajari lagi. Intinya kamu harus terus belajar untuk mendapatkan kopi terbaik sesuai keinginan kamu. Misal hari ini kamu membuat kopi dengan french press, besoknya kamu bisa mencoba dengan metode vietnam drip. Atau kamu senangnya membuat kopi dengan french press, kamu bisa mengganti variabelnya seperti mengganti jenis kopinya, jumlah kopinya untuk mendapatkan rasa kopi yang berbeda-beda.

Zaman sekarang untuk mencari berbagai informasi sudah gampang, kamu bisa nonton video di youtube atau mengikuti setiap artikel yang ada di kopitem.com ini. Semakin sering kamu belajar dan mencoba maka kamu akan mahir menjadi seorang ‘home barista’ untuk diri kamu sendiri.

4. Barista adalah Temanmu

Selain melihat video di youtube atau membaca artikel di internet, barista di coffeeshop langganan kamu bisa dijadikan ‘teman’ untuk sharing berbagai hal tentang membuat kopi di rumah. Tanyakan berbagai hal yang kamu ingin tahu tentang proses pembuatan kopi dirumah. Barista yang baik pasti tidak akan pelit untuk sharing ilmunya dengan kamu.

5. Jangan buru-buru

Ya, jangan buru-buru. Jika kita bicara tentang cara membuat kopi yang enak, maka kita tidak boleh buru-buru, tergesa-gesa. Semua ada waktunya. Nikmati setiap proses yang kamu lalui. Setiap metode membuat kopi membutuhkan waktu penyeduhan yang berbeda-beda dan hasilnya juga sudah pasti berbeda.

6. Terus Mencoba

Setelah belajar dari berbagai sumber yang ada, kamu harus tetap terus mencoba ilmu yang sudah kamu dapat. Tidak akan berguna ilmu yang kamu pelajari apabila tidak kamu praktekkan. Tetap terus mencoba untuk mendapatkan resep membuat kopi favorit kamu sendiri.

Apabila ada metode baru atau alat kopi baru, silahkan mencobanya di rumah, agar kamu tahu apa perbedaan di masing-masing metode dan alat tersebut.

Selamat mencoba dan mengeksplore kopi favorit kamu. Share resep menyeduh kopi kamu di kolom komentar ya.
Salam kopi

Aeropress Espresso Maker

Rp620000

Aeropress Espresso Maker

Rp620000

Share