5 Tips Membersihkan Alat Kopi Favorit Kamu, Apakah Cara yang Kamu Lakukan Sudah Benar?

5 Tips Membersihkan Alat Kopi Favorit Kamu, Apakah Cara yang Kamu Lakukan Sudah Benar?

3 minutes

Penggunaan deterjen dan bahan kimia lainnya tidak dianjurkan untuk dipakai ketika membersihkan alat kopi. Selain itu, langsung membuang ampas kopi setelah menyeduh kopi, selalu menggunakan kain yang kering dan bersih, dan tidak langsung mencuci alat kopi disaat masih dalam keadaan panas merupakan beberapa tips yang bisa kamu lakukan ketika membersihkan alat kopi.

Bagi pecinta kopi seperti kamu, sudah pasti mempunyai koleksi alat kopi yang biasa kamu gunakan untuk menyeduh kopi di rumah. Seberapa seringkah kamu mencuci alat kopi favorit kamu? Sudah benarkah cara mencuci alat kopi yang kamu lakukan selama ini? 

Kopitem punya beberapa tips membersihkan alat kopi kamu nih, simak tips berikut ini :

1. Langsung Buang Sisa Ampas/Bubuk Kopi Setelah di Brewing/Seduh

Jika kamu mempunyai alat kopi manual seperti french press, aeropress, moka pot, vietnam drip pasti kamu pernah menunda untuk membuang ampas kopinya setelah melakukan brewing, benar tidak? Begitu juga dengan saya, bukan apa-apa terkadang hal ini saya lakukan karena sudah tidak sabar untuk menikmati kopi yang baru saja saya seduh.

Mulai sekarang hilangkan kebiasaan seperti itu. Sebaiknya langsung buang saja sisa ampas/bubuk kopi setelah menyeduhnya. Sisa ampas tersebut bisa menimbulkan noda yang agak sulit dibersihkan nantinya apabila dibiarkan lama disitu.

Setelah ampas kopi dibuang, dan alat kopi masih panas, maka diamkan sejenak alat kopi tersebut, setelah dingin kemudian kamu bisa mencucinya dengan air.

2. Dilarang menyikat dengan terlalu kuat dan kasar

Terkadang diperlukan sikat untuk membersihkan kerak-kerak kopi yang menempel pada alat kopi. Perhatikan sikat yang kamu punya, sebaiknya jangan menggunakan sikat yang terbuat dari kawat besi atau plastik yang kasar.

Kamu bisa menggunakan sponge pencuci piring apabila memerlukan bantuan alat seperti itu. Itupun hendaknya kamu menyikatnya dengan lembut, jangan sampai alat kopi kamu tergores dan cacat.

3. Tidak menggunakan deterjen dan bahan kimia lainnya

Alat kopi berbeda dengan alat makan dan minum lainnya. Alat kopi dibuat untuk membuat kopi, dan kopi sangat sensitif terhadap rasa. Dikhawatirkan jika kamu mencuci alat kopi menggunakan deterjen atau bahan kimia lainnya dan deterjen tersebut mengendap pada alat kopi kamu, maka kopi kamu akan aneh rasanya.

Apabila ada noda membandel yang tidak cukup hanya dibilas menggunakan air, kamu bisa menggunakan baking soda atau cuka. Kamu bisa mencampurkan air dan cuka dengan perbandingan 2:1. Apabila masih terlihat kotor, kamu bisa mengulanginya lagi. Atau kamu juga bisa menggunakan perasan air lemon dan jeruk nipis.

4. Jangan mencuci alat kopi saat masih dalam keadaan suhu panas

Alat kopi yang baru saja dipakai untuk menyeduh pasti masih dalam keadaan suhu panas, kamu bisa membuang ampas kopinya (jika ada) tapi jangan langsung mencucinya, sebaiknya tunggu hingga dingin.

Hal ini dilakukan untuk menghindari tangan terluka, alat kopi retak dan pecah. Karena beberapa alat kopi seperti server kopi, kettle, mug yang terbuat dari kaca, porcelain, keramik tidak mempunyai kualitas yang baik.

Warning : Coffee has given me unrealistic expectations of productivity – anonymous

5. Selalu Menggunakan Kain yang Kering dan Bersih

Setelah dicuci menggunakan air atau baking soda atau cuka, sebaiknya alat kopi segera dikeringkan dengan kain bersih.

Ada beberapa alat kopi seperti server kopi, chemex, syphon, yang rentan jika kelamaan dibiarkan dalam keadaan basah, biasanya alat kopi yang berbahan kaca, akan menimbulkan noda bercak apabila kamu tidak langsung mengeringkannya.

Dari 5 tips diatas, apakah kamu selalu melakukan kelimanya? Atau kamu punya tips lain yang biasa kamu lakukan dan akan berguna bagi pecinta kopi lainnya? Yuk sharing pengalaman kamu.

Share