Proses Panen Biji Kopi Sampai ke Cangkir Kita

Proses Panen Biji Kopi Sampai ke Cangkir Kita

Ternyata mendapatkan biji kopi terbaik untuk diminum tidak semudah yang kita kira sahabat kopitem, dibutuhkan proses yang panjang dan juga pengorbanan. Kali ini kopitem ingin berbagi cerita kepada sahabat tentang proses biji kopi sebelum dipanen hingga sampai ke cangkir sahabat.

Sebelum Panen

Pada umumnya, pohon kopi mulai mengeluarkan bunga pada bulan Mei setiap tahunnya. Bunga kopi ini yang kemudian menghasilkan buah (ceri) kopi setelah kurang lebih 9 bulan. Pada tahap ini petani harus benar-benar memperhatikan bunga kopi tersebut. Pohon kopi harus terus dibersihkan dari hama dan penyakit. Dalam hal ini cuaca juga sangat mempengaruhi hasil dari buah ceri kopi. Intensitas hujan yang tinggi bisa mempengaruhi banyaknya ceri kopi di kemudian hari.

Panen

Kira-kira 9 bulan setelah bulan Mei, bulan Maret para petani kopi mulai memanen buah ceri kopinya. Biasanya petani memanennya di pagi dan siang hari. Kemudian pada malam hari mereka melakukan proses pemisahan ceri dan biji kopi untuk dicuci. Ditahapan ini juga si petani menentukan ceri kopi selanjutnya diproses dengan cara full washed, semi washed atau natural.
Masa panen mulai berakhir pada pertengahan April. Ceri kopi harus segera dipanen karena ceri yang tidak dipanen akan membusuk di pohon dan menimbulkan hama. Hama tersebut dapat merusak hasil panen berikutnya bahkan bisa merusak pohon kopi tersebut.

Setelah Panen

Setelah ceri kopi dipanen semuanya, berikutnya ceri kopi diproses menjadi biji hijau (green bean). Biji hijau atau yang dikenal dengan green bean ini belum bisa langsung di sangrai karena harus mengalami beberapa tahap lagi. Biji hijau harus melewati bagian resting (diistirahatkan) dengan dijemur terlebih dahulu. Kemudian biji hijau akan di cupping test untuk menentukan kualitasnya sebelum dijual. Jika biji hijau tersebut telah mencukupi tingkat kadar airnya dan telah melewati seleksi cupping test maka kopi siap dijual dipasaran. Kopi pun sampai ke tangan roaster kemudian di-sangrai (goreng) sebelum akhirnya diseduh dan dinikmati di cangkir kita sahabat kopitem.

Nah, sahabat kopitem sekarang sudah tahu kan prosesnya, yuk sama-sama kita menghargai para petani kopi yang sudah menghasilkan kopi-kopi terbaik untuk bisa kita nikmati bersama sahabat.

Beli kopi langsung dari petaninya disini ya sahabat.

1 Comment

Submit a comment

Comments are closed.