perbedaan cappuccino, latte dan flatwhite kopitem.com

Perbedaan Cappucino, Latte dan Flat White Yang Wajib Anda Ketahui

Kopi menjadi trend minuman yang di gemari anak muda saat ini, bahkan minum kopi sudah dijadikan gaya hidup atau lifestyle untuk menunjukan eksistensi mereka. Saat ini bisnis kedai kopi atau cafe menjadi salah satu bisnis yang kian menjamur dan sangat menjajikan di kalangan masyarakat. Di setiap kedai kopi atau cafe terdapat berbagai varian menu kopi yang di sajikan dengan campuran berbagai bahan – bahan lain, salah satunya susu segar. Dengan memiliki kualitas kopi yang disajikan sangat  memberikan dampak besar bagi perkembangan kedai kopi tersebut.

Cappucino, Coffee Latte dan Flat White, merupakan tiga menu minuman yang sering kita jumpai di setiap kedai kopi. Minuman ini banyak diperbincangkan orang karena menurut mereka rasanya sama saja. Tetapi ketiga menu minuman ini jelas sangat berbeda.

Berikut ini adalah perbedaan dari Cappucino, Latte dan Flat White.

1. Cappuccino

Merupakan menu yang sangat sering kita jumpai di setiap kedai kopi atau cafe. Cappuccino adalah minuman tradisional yang berasal dari Italia. Cappucino dibuat menggunakan bahan dasar susu dan espresso yang jelas sekali memiliki perbedaan dengan Latte maupun Flat white, kenapa? Pertama dari namanya saja sudah berbeda jadi tentu saja rasanya sudah pasti berbeda. Kedua adalah takaran susu yang dipakai berbeda, yang ketiga adalah banyaknya foam yang di gunakan. Komposisi yang digunakan untuk membuat Cappucino bisa di uraikan menjadi 3 bagian yaitu:

  • 1/3 espresso
  • 1/3 steam milk
  • 1/3 foam (milk forth)

Dengan lapisan atasnya berupa foam (milk froth) dan biasanya di beri bubuk coklat sebagai garnish pada bagian atasnya. Jadi perbedaan minuman ini secara mendasar adalah dari bedanya foam, cara steam susunya, bagaimana cara membuat minuman ini dan bagaimana cara membedakan rasanya baik dari bentuknya atau teksturnya.

Dibandingkan dengan minuman lainnya pada tegukan pertama kita akan dapat merasakan foam yang tebal, kemudian di ikuti dengan rasa espresso yang sudah tercampur dengan susu pada bagian bawahnya. Yang perlu kita ketahui bahwa pada Cappucino tidak memiliki art di atasnya.

2. Latte

Latte merupakan racikan kopi yang sering sekali di sebut sebagai minuman kopi yang rasa susunya lebih dominan dibandingkan Cappucino. Dalam membuat Latte hal yang paling istimewa adalah pada proses steaming atau frothing pada susunya. Proses tersebut berfungsi untuk memanaskan susu hingga temperatur yang diinginkan dan juga untuk menghasilkan micro-foam (foam Latte biasanya cenderung tidak terlalu tebal). Untuk komposisi Latte dapat di uraikan seperti berikut:

  • Single atau Double shots espresso
  • Susu yang sudah di steam penuh
  • Micro-foam tipis pada bagian atas susu kira-kira setebal 0,5-1cm

Untuk membedakan ketika kita minum Latte, pada tegukan pertama kita akan merasakan espresso dengan rasa susu yang lebih dominan.

3. Flat White

Flat White merupakan jenis minuman kopi susu yang cenderung memiliki banyak variasi tergantung bagaimana cara kamu menikmatinya. Flat White juga menjadi salah satu menu andalan yang di sediakan di setiap kedai kopi atau cafe dibandingkan Cappuccino dan Latte. Flat White sendiri sudah di kenal pada tahun 1980-an di negara Amerika Serikat dan Inggris. Tidak jauh berbeda, Flat White juga di buat dari bahan dasar espresso dan steamed milk. Berbeda dari Cappucino dan Latte, Flat White biasa disajikan dengan dua variasi:

  • Pertama: tanpa foam, variasi ini yang biasa digunakan oleh kebanyakan kedai kopi atau cafe. Espresso yang di gunakan biasanya memakai double shots di kombinasikan dengan susu yang di steam.
  • Kedua: berisi foam, biasanya di sajikan dengan foam yang tipis. Biasanya metode ini hanya bisa di lakukan oleh barista yang sudah memiliki keahlian. Foam harus ditahan dengan menggunakan sendok saat susu mulai di tuangkan ke dalam gelas yang berisi espresso. Pada Flat White kamu akan menemukan rasa kopi yang kuat, dan sedikit rasa yang lembut dari susunya.

Jadi dapat di simpulkan perbedaan antara Cappuccino, Latte dan Flat White sangat jelas memiliki perbedaan dari segi rasa dan metode pembuatan yang dilakukan.
Dari ketiga menu minuman kopi di atas. Yang manakah yang menjadi menu favorit kamu ketika berkunjung ke kedai kopi? Tulis di kolom komentar ya.

Demikian artikel tentang perbedaan antara cappuccino, latte dan flat white, semoga bisa bermanfaat ya. Salam kopi

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply