Pengertian Kopi Specialty yang Harus Kamu Ketahui

Pengertian Kopi Specialty yang Harus Kamu Ketahui

2 minutes

Kopi Specialty adalah sebuah penilaian atau pengklasifikasian terhadap kopi yang memiliki aroma dan rasa yang istimewa. Istilah Specialty Coffee dibuat oleh Erna Knutsen.

Semakin hari, dunia kopi semakin berkembang, muncul berbagai istilah baru yang mungkin sebelumnya belum pernah kamu dengar seperti first wave coffee, third wave coffee, manual brew, single origin, dan kopi specialty. Jika sebelumnya kopitem sudah pernah membahas tentang istilah first wave hingga third wave kopi, sekarang kopitem ingin membahas apa itu kopi Specialty.

Kopi Specialty

Seperti namanya, kopi Specialty adalah sebuah penilaian atau pengklasifikasian terhadap kopi yang memiliki aroma dan rasa yang istimewa. Jika kita menilai berdasarkan penilaian SCAA (Specialty Coffee Association of America) maka sebuah kopi specialty wajib memiliki nilai minimum 80 dan maksimum 100 serta tidak memiliki cacat primer untuk green bean/biji hijau-nya.

Jika melihat sejarah, awal mula pengklasifikasian Specialty Coffee dibuat oleh seorang Wanita bernama Erna Knutsen yang ditulis pada Tea & Coffee Trade Journal. Istilah Specialty digunakan Erna untuk menggambarkan kualitas biji kopi yang ditanam di iklim khusus dan ideal. Jadi specialty coffee digunakan untuk menyatakan tingkatan kualitas kopi. Ada juga istilah lain yang juga untuk menyatakan tingkatan kualitas kopi seperti kopi premium, kopi komersil, kopi grade 1, grade 2 dan lain sebagainya.

Kopi specialty merupakan istilah untuk kopi dengan grade tertinggi karena kopi diproses secara khusus dengan ketentuan khusus pula mulai dari proses awal kopi ditanam sampai disajikan dalam cangkir. Berikut syarat sebuah kopi bisa dikategorikan sebagai grade kopi specialty :

  1. Petik merah. Kopi yang dipetik ketika dipanen wajib yang sudah berwarna merah saja, yang kemudian diproses menjadi green bean.
  2. Memiliki total defect <4%. Jika dalam 1kg green bean kopi specialty, maka total defect atau biji yang rusak tidak boleh lebih dari 40gr.
  3. Memiliki nilai cupping test >80.

Oleh sebab itu, harga biji kopi specialty biasanya cenderung lebih mahal dibandingkan dengan biji kopi kualitas lain. Karena memang rasa dan kualitas yang didapat sesuai dengan harga yang dikeluarkan.

Menurut kamu, jelas terasakah perbedaan untuk masing-masing grade kopi yang ada? kamu punya cerita menarik tentang perbedaan tersebut? sharing pengalaman kamu dong di kolom komentar.

Atau jika kamu penasaran dengan rasa kopi grade specialty, kopitem sebagai toko kopi online juga menyediakan berbagai pilihan biji kopi grade specialty yang bisa kamu beli dan nikmati.

Share