5 Cara Mengurangi Rasa Pahit Saat Minum Kopi Tanpa Gula

5 Cara Mengurangi Rasa Pahit Saat Minum Kopi Tanpa Gula

3 minutes

Kebiasaan minum kopi dengan gula yang banyak agar tidak terasa pahit bisa menyebabkan diabetes. Tapi masih banyak dari kita yang belum bisa mengkonsumsi kopi jika tidak dicampur dengan gula. Ternyata ada beberapa alternatif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa pahit pada kopi tanpa menggunakan gula, salah satunya dengan menggunakan garam.

Siapa yang tidak suka minum kopi zaman sekarang? bahkan saat ini kebiasaan minum kopi sudah menjadi tren. Baik itu minum kopi hasil seduhan sendiri maupun minum kopi dengan membelinya di coffeeshop. Baik itu minum kopi murni (kopi hitam) maupun kopi susu (espresso based).

Tiap orang memiliki kebiasaan yang berbeda untuk menikmati minuman kopi favoritnya. Ada yang mencampurnya dengan gula dan ada yang tidak. Pada dasarnya kopi murni (kopi yang berasal dari biji kopi asli) baik untuk dikonsumsi untuk tubuh kita, asalkan dengan jumlah yang normal. Terkadang yang membuat minum kopi menjadi tidak baik untuk dikonsumsi adalah campuran yang terdapat di dalam minuman kopi tersebut. Campuran itu bisa berupa gula, susu dan sebagainya.

Jika kita mengkonsumsi banyak gula, dikhawatirkan akan terkena diabetes, susu juga bisa menyebabkan kita kelebihan lemak (kecuali susu non-fat). Namun tidak semua orang bisa menikmati kopi apabila tidak disajikan atau dicampur dengan gula, lalu bagaimanakah caranya agar tetap bisa menikmati kopi meskipun tidak dicampur dengan gula? Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi rasa pahit pada kopi.

Mencampur Bubuk Kopi Dengan Telur

Salah satu cara menghilangkan rasa pahit yang ada di kopi adalah mencampurkan bubuk kopi dengan telur. Kedengaran aneh? Yap, rahasianya ada pada protein yang terkandung di dalam telur. Ketika kamu menuangkan air mendidih ke dalam campuran bubuk kopi dan telur, protein dalam telur akan mengikat bagian dasar kopi yang menyebabkan rasa pahit. Yang harus kamu pastikan adalah mengaduk campuran tersebut dengan segera dan cepat agar kopi tidak terlihat seperti gumpalan orak-arik telur. Tertarik untuk mencobanya?

Menambahkan Sedikit Garam

Kalau biasanya garam digunakan untuk membuat masakan lebih gurih dan lebih lezat, kali ini kamu bisa menggunakannya untuk mengurangi rasa pahit dalam kopi. Garam akan mengikat sebagian besar pengecap pada lidah yang dapat mendeteksi rasa pahit. Dengan adanya garam, ikatan rasa pahit dan papila lidah akan melemah. Kamu bisa mencampurkan garam ke bubuk kopi sebelum dituang air mendidih. Ingat, garam yang dicampurkan cukup sejumput kecil saja, tidak perlu satu sendok makan. Bisa-bisa nanti kopi kamu malah menjadi asin. Selamat mencoba.

Mencampur Bubuk Kopi Dengan Rempah

Bahan lain yang bisa kamu gunakan sebagai campuran dalam kopi agar tidak pahit adalah rempah. Menambahkan bubuk rempah dipercaya bisa menjadikan kopi kaya rasa sehingga bisa menyamarkan rasa pahit yang ada pada kopi. Kamu bisa memilih rempah-rempah yang menajamkan rasa seperti kayu manis, pala, lavender. Apakah kamu sudah pernah mencoba sebelumnya?

Coffee should be black as hell, strong as death and sweet as love – Turkish Proverb

Menggunakan Ekstrak Vanili

Vanili memiliki aroma yang wangi sehingga bisa mengalihkan perhatian dari rasa pahit di lidah. Kamu bisa menambahkan sejumput ekstrak vanili agar kopi kamu harum dan tidak terlalu pahit sehingga bisa kamu nikmati.

Mengkonsumsi kopi ber-profile roasting “light”

Rasa pahit yang terdapat pada kopi bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya karena kopi di roasting (sangrai/goreng) terlalu “dark” atau gelap. Oleh karena itu jika kamu ingin tetap mengkonsumsi kopi tapi tidak mau mencampur kopi kamu dengan apapun, kamu bisa memulai mencoba mengkonsumsi kopi yang ber-profile roasting “light”. Mungkin di awal kamu akan merasa aneh, itu normal. Usahakan kamu mencobanya selama 3 hari, agar lidah kamu terbiasa dengan rasa kopi. Apabila kamu sudah terbiasa dengan kopi yang ber-profile “light” kamu bisa mencoba profile roasting lain yang lebih “medium”, sehingga lama-kelamaan kamu akan terbiasa mengkonsumsi kopi tanpa campuran apapun. Cara ini menjadi cara yang kopitem rekomendasikan untuk kamu coba. Berani mencobanya?

Dari ke-5 cara diatas, adakah yang sudah pernah kamu coba? Jika sudah, cara mana yang paling kamu rekomendasikan? Dan apa alasan kamu? Yuk sharing di kolom komentar.

Salam kopi. Sahabat Kopitem.

Share