5 Rekomendasi Grinder Kopi Favorit Untuk Para Pecinta Kopi

5 Rekomendasi Grinder Kopi Favorit Untuk Para Pecinta Kopi

5 minutes

Grinder kopi merupakan alat wajib yang harus dimiliki oleh para pecinta kopi. Dengan begitu banyak jenis grinder kopi favorit yang ada, grinder kopi manakah yang cocok untuk kamu miliki? Grinder manual atau grinder otomatis?

Bagi kamu para pencinta kopi, grinder merupakan sebuah alat kopi yang wajib kamu miliki. Kenapa? karena ketika kamu ingin menyeduh kopi, saat itulah biji kopi sebaiknya digiling menggunakan grinder kemudian diseduh. Akan berbeda hasilnya apabila kamu membeli kopi dalam bentuk bubuk, dan kamu sendiri belum tahu kapan akan menyeduh kopi tersebut. Karena kopi yang kamu seduh harus selalu dalam keadaan segar. Ketika kamu sudah mempunyai grinder kopi dirumah, maka selanjutnya ketika mau membeli kopi, kamu bisa membelinya dalam bentuk biji, sehingga kopi yang kamu seduh selalu dalam keadaan segar.

Bagi sebagian pecinta kopi, akan percuma apabila mempunyai alat seduh kopi berbagai macam dan bentuk tetapi tidak mempunyai grinder dirumah. Bahkan, saya jamin akan percuma mempunyai mesin espresso yang mahal sekalipun apabila kamu tidak mempunyai grinder kopi. Oleh karena itu, sebelum kamu membeli alat seduh kopi lainnya, alangkah lebih baik kamu menginvestasikan uang kamu untuk membeli grinder kopi yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Bisa dibilang, grinder merupakan segalanya dalam hal alat seduh kopi. Berlebihan? saya rasa tidak demikian.

Kenapa saya berkata demikian? Mari kita ambil contoh, katakanlah dirumah kamu punya berbagai alat seduh kopi manual seperti aeropress, french press, v60, kalita atau tiamo wave, chemex bahkan syphon. Dari ke semua alat seduh yang barusan saya sebutkan, semuanya mempunyai tingkat ukuran halus kasar berbeda-beda untuk kopi yang diseduh. Misalkan, untuk aeropress butuh kopi dengan tidak gilingan yang agak halus, atau french press butuh kopi dengan tingkat gilingan yang kasar, berbeda lagi dengan v60 yang membutuhkan kopi dengan tingkat gilingan medium. Nah disini lah perannya grinder, ketika kamu mau menyeduh kopi menggunakan metode aeropress, kamu harus menggiling biji kopi dengan tingkat gilingan halus, dan sebagainya. Bayangkan jika kamu membeli kopi dalam bentuk bubuk, kemudian penjual kopi nanya, mau digiling bagaimana kopinya? maka sudah dipastikan kamu akan ribet menjawabnya. Lebih enak kamu membeli kopi dalam bentuk biji, kemudian kamu menggiling sesuai dengan selera kamu dirumah. Setuju?

Kemudian muncul pertanyaan, grinder kopi seperti apakah yang cocok buat saya? kopitem akan memberikan beberapa pilihan grinder kopi baik yang manual maupun otomatis yang bisa kamu beli.

Rekomendasi Grinder Kopi Favorit

Ada beberapa rekomendasi grinder kopi favorit yang bisa kamu jadikan pertimbangan untuk dibeli. Perlu diingat, rekomendasi grinder kali ini saya batasi dari rentang harga Rp2.500.000 kebawah.

1. Grinder Feima 600 N

Bisa dibilang grinder ini menjadi grinder kopi sejuta umat. Kenapa? Dengan harganya yang terjangkau, sekitar 2jutaan, kamu sudah bisa memiliki grinder kuat, tahan lama dan serba bisa. Terkadang grinder ini juga sering dijadikan plesetan dari grinder mahal malhkonig ek43. Karena bentuknya yang agak mirip.

Grinder Feima 600 N diproduksi oleh Yang Chia Machine Work asal Taiwan. Di Indonesia, grinder ini lebih sering dikenal dengan sebutan grinder Latina 600N. Nama Latina sendiri dibuat oleh Maharaja Coffee yang ada di Jakarta. Dan hanya merekalah yang bisa memakai nama Latina untuk menjualnya. Kemudian banyak juga yang mencoba mengimpor langsung produk ini dari Taiwan tetapi tetap menggunakan nama Feima 600N ketika menjualnya. Jadi bukan berarti Feima 600N itu barang tiruan, ini hanya masalah nama brand dalam menjualnya saja, produk yang dijual sama-sama Feima 600N. Bukan berarti semua grinder berbentuk seperti ini yang beredar dipasaran original dari Feima ya. Sekarang ini banyak tiruannya yang beredar, banyak perusahaan lokal yang membuat barang tiruan dari Feima 600N yang dijual dengan nama lokal dan harga yang lumayan jauh lebih murah.

Grinder Feima 600N ini memiliki tipe pisau flat burr berbahan stainless steel yang tahan lama. Diatasnya terdapat hopper (tempat menampung biji kopi) yang berkapasitas 250gr biji kopi. Kemudian di depannya juga terdapat 8 step adjusment yang bisa digunakan untuk mengatur halus kasar dalam menggiling kopi. Dibawahnya juga disediakan tempat untuk menampung bubuk kopi hasil gilingan.

Dengan adanya 8 pengaturan tingkat halus kasar gilingan, maka grinder ini cocok untuk kamu yang sering menyeduh menggunakan metode manual brew. Bahkan untuk menghasilkan gilingan sehalus espresso pun rasanya mesin grinder ini masih sanggup. Tidak ada alasan untuk tidak menjadikan grinder sebagai grinder favorit para pecinta kopi.

2. Baratza Encore

Masih dengan grinder otomatis di rentang harga 2jutaan selanjutnya ada grinder kopi baratza encore. Grinder ini menjadi grinder kopi favorit karena memiliki 40 skala pengaturan untuk tingkat halus kasarnya, luar biasa bukan? Bentuknya yang compact juga enak dilihat dan layak dijadikan koleksi grinder di rumah kamu.

Grinder ini mempunyai mata pisau berbentuk conical burr berbahan stainless steel tahan lama. Dengan tingkat pengaturan halus kasar gilingan yang dimilikinya, grinder ini cocok untuk kamu yang sering menyeduh kopi menggunakan metode manual brew. Sekali-kali menggunakan grinder ini untuk memenuhi kebutuhan alat kopi espresso manual seperti Rok Presso atau mesin Rancilio Silva juga tidak ada masalah.

3. Rhinowares Compact Hand Coffee Grinder

Merasa kemahalan dengan 2 grinder otomatis diatas? Kenapa kamu tidak melirik Rhinowares Compact Hand Coffee Grinder? Grinder manual serba bisa ini hanya dibanderol dengan harga sekitar 700ribuan saja. Murah bukan? Grinder ini memiliki keistimewaan dibanding grindel manual lainnya, karena grinder ini bisa langsung disambungkan dengan alat seduh aeropress. Kamu tidak perlu menyediakan tempat penampungan untuk bubuk kopi hasil gilingannya, kamu hanya perlu menyambungkannya dengan aeropress saja.

Selain itu, grinder ini memiliki ukuran yang compact sehingga mudah dibawa kemana saja, cocok untuk menjadi teman travelling kamu. Meskipun grinder manual, grinder ini juga memiliki pengaturan untuk tingkat halus kasar gilingannya. Namun jangan harap alat ini bisa digunakan untuk espresso, karena sekalipun kita sudah mengaturnya di tingkat yang paling halus, akan susah untuk mendapatkan espresso impian. Tertarik dengan grinder Rhinowares compact hand coffee grinder ini?

4. Porlex Mini Hand Coffee Grinder

Grinder kopi manual imut lainnya ada Porlex Mini Hand Coffee Grinder. Porlex adalah perusahaan Jepang yang mengkhususkan diri pada penggiling bahan makanan. Porlex Mini Hand Grinder ini didesain dengan bentuk yang sangat menawan. Bagian pegas di dalamnya membantu menjaga konsistensi partikel bahkan ketika menggiling pada settingan kasar sekalipun. Bagian eksternal terbuat dari stainless steel yang cukup kuat. Burr nya terbuat dari keramik yang mudah dibersihkan, tahan lama, dan tentunya bebas karat. Beberapa kelebihan dari grinder ini adalah terbuat dari bahan stainless steel berkualitas tinggi, desain slim dan ergonomis sehingga enak digenggam ketika menggiling biji kopi.

Grinder kopi favorit ini dibanderol dengan harga sekitar 800ribuan. Bisa kamu jadikan pilihan lain selain grinder Rhinowares. Tertarik?

5. Hario Ceramic Mill Skerton Coffee Grinder

Merasa 2 grinder manual diatas kekecilan buat kamu? tenaaang. Kali ini kopitem ingin merekomendasikan grinder kopi dari brand asal Jepang yang sudah sangat terkenal di dunia perkopian, Yap Hario Ceramic Mill Skerton Coffee Grinder. Tidak usah diragukan lagi, setiap alat yang dibuat oleh perusahaan asal Jepang ini pasti wajib untuk dimiliki, tak terkecuali grinder hario ini.

Grinder hario ini menggunakan conical ceramic burrs yang membuat hasil gilingan konsisten dan membuat pisau tahan lama. Grinder ini tidak berisik seperti halnya mesin penggiling kopi pada umumnya. Proses penggilingan pun hanya memerlukan beberapa menit saja (tergantung banyaknya biji yang akan digiling). Beberapa fitur penting yang ada di grinder ini seperti : Level gilingan yang bisa diatur dengan mudah, dilengkapi dengan burr stabilizer plate dan kapasitas server lebih kurang : 100 gram.

Grinder ini cocok untuk kamu yang hobi menyeduh kopi dengan metode manual brew tetapi tidak mau ribet. Grinder ini bisa dioperasikan dimana saja, karena tidak memerlukan coolokan listrik. Cocok untuk dijadikan teman saat kamu bepergian, setuju?

Appreciate what you already have, so that you can appreciate what others do not. For example, me. I don’t have a coffee grinder, so these beans are useless – William L. Bergenstein

Nah, setelah melihat 5 rekomendasi grinder kopi favorit diatas, saya yakin kamu tidak akan ragu lagi ketika mau membeli grinder kopi incaran kamu selama ini. Tidak perlu ragu lagi untuk menginvestasikan beberapa uang kamu untuk membeli grinder. Apalagi kalau kamu sudah berkomitmen ingin ‘serius’ dengan kopi. Percayalah, kamu tidak akan menyesal!

Atau kamu sebelumnya sudah mengerti akan hal ini? dan sudah berinvestasi di grinder kopi. Lalu, termasuk dari salah satu diatas kah grinder punya kamu? atau kamu punya pilihan grinder kopi favorit lainnya? Yuk share di kolom komentar.

Salam kopi.

Share