cara-membuat-dalgona-coffee-kopitem

Cara Membuat Dalgona Coffee yang Lagi Viral dan Pasti Berhasil

Dalgona Coffee adalah sebuah minuman kopi kental yang dibuat dengan campuran kopi hitam, gula, dan air panas. Dalgona sendiri sebenarnya adalah sebuah jajanan ringan di Korea Selatan atau dalam bahasa korea biasa disebut ppopgi.

Kamu sedang menjalani masa karantina? atau #dirumahaja tapi bingung mau ngapain? Kenapa gak nyoba resep kopi yang lagi viral? Yaps, Dalgona Coffee.

Belakangan ini Dalgona Coffee memang lagi viral. Banyak orang yang mencoba resep kopi yang ternyata diketahui asalnya dari Korea kemudian menguploadnya di media sosial.

Sebenarnya, apa sih itu Dalgona Coffee?

Pengertian Dalgona Coffee:

Dalgona Coffee adalah sebuah minuman kopi kental yang dibuat dengan campuran kopi hitam, gula, dan air panas. Dalgona sendiri sebenarnya adalah sebuah jajanan ringan di Korea Selatan atau dalam bahasa korea biasa disebut ppopgi.

Seperti dilansir di Insider, Dalgona adalah permen manis dengan tekstur seperti spons (lembut), yang populer pada tahun 1970-an dan kini populer jadi makanan nostalgia masyarakat Korea Selatan.

Lalu, kenapa disebut Dalgona Coffee? Rasa manis dan pahit serta warna dari spons (busa) yang ada pada minuman ini sangat mirip dengan rasa permen Dalgona, oleh karena ini orang Korea menamakan minuman ini dengan Dalgona Coffee.

Jadi sekarang udah ngerti kan asal usul minuman Dalgona Coffee? Sekarang saatnya kita buat minumannya.dalgona-coffee-kopitemUntuk membuat minuman Dalgona Coffee ini hanya membutuhkan alat-alat sederhana, tidak perlu menggunakan mesin espresso atau mesin kopi yang mahal. Kamu hanya perlu menyiapkan bahan-bahan sebagai berikut.

Alat:

  • Mangkok (Kalau bisa yang agak tinggi)
  • Mixer (kalau ada), jika tidak ada bisa diganti dengan hand frother susu atau sendok atau saringan teh.
    Alat ini yang nantinya digunakan untuk mengaduk bahan-bahan.

Bahan:

  • 2 sendok makan kopi hitam (instan kopi)
    Dianjurkan kopi instan (nescafe classic karena mengandung pengembang, sehingga mudah membentuk foamy)
  • 2 sendok makan gula
  • 2 sendok makan air panas
  • Susu Putih Cair (biasanya 1/2 gelas)
  • Es batu (secukupnya)

1. Campurkan bahan

Campurkan kopi hitam, gula, dan air panas ke dalam wadah (mangkok). Takarannya bisa sesuaikan dengan selera kamu, jika kamu suka manis, maka gulanya bisa ditambah. Atau kamu juga bisa menggunakan perbandingan rasio 1:1:1 untuk masing-masing bahan.

2. Mulai Aduk Bahan

Aduk bahan-bahan yang ada di mangkok tersebut menggunakan mixer, jika tidak ada mixer atau hand frothing susu, kamu bisa menggunakan sendok atau alat pengaduk lainnya. Aduk sampai bahan berbentuk melted atau berbentuk foam dan jika warnanya berubah menjadi coklat keemasan.

3. Siapkan gelas

Setelah selesai diaduk. Di tempat terpisah, siapkan gelas dan tambahkan susu cair (fresh milk) sebanyak 1/2 ukuran gelas. Jika kamu ingin sajikan dengan keadaan dingin, maka tambahkan es batu sesuai selera ke dalam gelas dan susu tersebut.

4. Tambahkan Dalgona foam

Kemudian tambahkan Dalgona foam yang sudah kamu aduk tadi ke atas gelas yang berisi susu dan es batu. Dan minuman Dalgona Coffee siap dihidangkan.

Tips:
Untuk membuat tampilan lebih menarik, kamu bisa menambahkan potongan biskuit di atas minuman tersebut.

I have measured out my life with coffee spoons.
T.S. Eliot

Kesimpulan

Bagaimana? berhasil? Mungkin ketika pertama kali membuatnya agak kesulitan, terutama untuk bagian membentuk Dalgona Foam nya. Apalagi jika kamu tidak menggunakan alat yang sesuai (mixer). Tapi tidak ada salahnya untuk mencoba kan?
Apalagi mungkin kamu punya banyak waktu untuk mencoba berbagai resep kopi yang berbeda dari biasanya.

Atau kamu punya resep kopi lain yang lebih enak? Sharing yuk di kolom komentar.
Salam kopi.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply