Apa yang Terjadi Jika Pecandu Kopi Tidak Minum Kopi?

Apa yang Terjadi Jika Pecandu Kopi Tidak Minum Kopi?

3 minutes

Bagi pecandu kopi, tidak minum kopi satu hari saja dapat menimbulkan berbagai gangguan, seperti rasa pusing, perasaan tidak nyaman, sulit berkonsentrasi dan gelisah. Apakah kamu merasakan hal yang sama?

Apa yang terjadi jika pecandu kopi tidak minum kopi? Yang namanya kecanduan akan susah bagi orang tersebut untuk tidak mengkonsumsi kopi, apalagi untuk berhenti. Hal ini bisa mengakibatkan kita akan merasa uring-uringan dan tidak nyaman seperti ada yang “kurang” dengan tubuh kita. Kamu merasa seperti itu juga gak sahabat kopitem?

Bagi para pecandu kopi seperti kita, hal-hal berikut ini merupakan tanda-tanda bahwa seseorang mengalami kecanduan terhadap kopi dan efeknya, simak penjelasannya berikut ini :

Rasa Pusing Ketika Tidak Minum Kopi

Bagi sebagian orang, sehari saja tidak minum kopi kepala menjadi pusing. Kafein diistilahkan sebagai xar vasoconstrictor yang mekanisme kerjanya mempersempit pembuluh darah dan dapat memperlambat aliran darah. Sifat tersebut menjadikan kafein relatif cukup efektif untuk meredakan sakit kepala. Akan tetapi jika dikonsumsi secara continue dan dalam kuantitas yang banyak, akan mengakibatkan orang tersebut merasakan sakit kepala berdenyut terutama di bagian belakang jika sehari saja tidak mengkonsumsi kopi.

Perasaan Tidak Nyaman

Menurut data dari John Hopkins Medicine Behavioral Pharmacology Research Unit, kurang lebih sekitar 50 persen para pecandu kopi akan mengalami gejala ini ketika mereka melewatkan minum kopi dalam satu hari saja. Namun pada beberapa orang tidak mengalami gejala apapun sama sekali. Penyebab sakit kepala berdenyut sebagai efek dari tidak mengkonsumsi kopi sampai sekarang ini masih belum bisa diketahui penyebab pastinya. Kafein yang terkandung di dalam kopi dikategorikan sebagai zat stimulan, yang dapat menstimulasi organ otak yang mengatur rasa bahagia/senang. Ketika mengkonsumsi sesuatu yang mengandung zat kafein, otak akan melepaskan senyawa dopamine, senyawa yang fungsinya dapat menyebabkan rasa senang atau bahagia. Dopamine ini efeknya agak mirip dengan kokain yang menyebabkan efek ketergantungan. Dopamine ini juga mampu menstimulasi pelepasan zat adrenalin tubuh.

Kafein mempunyai efek adiktif (kecanduan) walaupun tidak berbahaya seperti halnya narkotika, karena mampu membuat peminumnya merasa lebih senang. Jadi ketika psikologis kamu menjadi uring-uringan ketika tidak minum kopi sehari saja, maka itu bisa jadi pertanda kalau otak kamu sudah mengandalkan zat kafein yang ada di dalam kopi untuk mendapatkan rasa senang.

Sulit Berkonsentrasi

Zat kafein di dalam kopi mampu memberikan stimulasi adrenalin pada tubuh, yang dapat membantu kamu tetap menjadi fokus dan terjaga walaupun pada dasarnya kondisi tubuh sudah letih dan capek. Jika kamu yang sudah terbiasa minum kopi setiap hari, dan ketika kamu tidak minum kopi satu hari saja, maka kamu akan sulit berpikir atau berkonsentrasi saat melakukan pekerjaan yang rumit dikarenakan tubuh menginginkan adanya kehadiran kafein di dalam darah.

Dosis Minum Kopi Semakin Banyak

Tubuh kamu dapat mengalami intoleransi terhadap zat kafein jika dikonsumsi dalam jumlah terlalu banyak dan secara continue. Kebutuhan kamu akan kafein seakan-akan terus bertambah. Tubuh akan membutuhkan lebih banyak lagi zat kafein agar mampu mendapatkan efek yang serupa. Beberapa orang yang merupakan pecandu kafein akan menambah kuantitas minum kopinya dari dua hingga tiga cangkir kopi, dikarenakan ketika meminum satu cangkir kopi saja efeknya masih kurang bagi mereka. Jika hal itu terjadi pada kamu, dan jika kamu tidak mempunyai masalah tidur di malam hari setelah meminum satu cangkir kopi sebelum tidur, maka itu artinya bisa menjadi sinyal bahwa tubuh kamu sudah kebal terhadap efek kafein.

I’m Not Addicted To Coffee, We’re Just in A Commited Relationship – Anonymous

Merasa Gelisah

Mengkonsumsi kopi dengan kafein dosis tinggi dapat menyebabkan rasa gelisah bagi beberapa orang. Konsumsi kafein yang berlebihan juga dapat meningkatkan resiko akan timbulnya rasa panik, terutama terjadi pada orang-orang yang rentan mengalami masalah dengan kesehatan mentalnya. Jika kamu menjadi lebih gelisah daripada keadaan biasanya, sebaiknya kamu mengurangi jumlah konsumsi kafein untuk melihat apakah kondisi kamu berubah menjadi lebih baik. Apabila rasa gelisah berkurang secara drastis, itu tandanya kamu sudah minum kopi dalam jumlah yang berlebihan.

Nah, dengan beberapa ciri diatas, apakah kamu termasuk salah satu pecandu kopi? atau kamu tidak pernah merasakan salah satu hal diatas, padahal kamu termasuk pecandu kopi?

Memang, jika kita sudah kecanduan kopi, akan sulit untuk tidak minum kopi satu hari saja. Jadi, sudah minum kopi kamu hari ini? Bagaimana kopi kamu hari ini?

Salam kopi.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *