Inilah Alasan Kenapa Lebih Baik Menyeduh Kopi Sendiri di Rumah Daripada Beli

Inilah Alasan Kenapa Lebih Baik Menyeduh Kopi Sendiri di Rumah Daripada Beli

2 minutes

Ada beberapa alasan kenapa lebih baik menyeduh kopi sendiri daripada membelinya, diantaranya adalah menjadikan kegiatan menyeduh kopi menjadi kegiatan menyenangkan setiap harinya, dapat mengeksplor kopi lebih ‘dalam’ tanpa takut mengganggu orang lain, mencoba berbagai jenis kopi dan pastinya bisa menghemat uang. Bagaimana menurut kamu?

Menyeduh kopi sendiri menjadi pilihan yang tepat bagi sebagian orang daripada membelinya, karena dengan menyeduh kopi sendiri kita dapat menentukan takaran yang tepat untuk campuran kopi, dan air yang dibutuhkan. Terkadang masing-masing orang mempunyai ‘ritual’ tersendiri ketika menyeduh kopi. Hal ini disebabkan karena mereka tidak merasa puas dengan seduhan dari kedai/warung kopi yang ada. Apakah kamu juga merasa seperti itu?

Menurut kopitem, ada 4 alasan kenapa kita lebih baik menyeduh kopi dirumah sendiri daripada membelinya, berikut alasannya :

Kegiatan yang Menyenangkan di Pagi Hari

Begitu bangun tidur, kamu tidak perlu repot-repot menunggu antrian hanya demi mendapatkan secangkir kopi nikmat. Karena di rumah kamu telah tersedia alat penyeduh dan sudah pasti bisa menyeduh kopi favorit sendiri. Nilai plusnya, kegiatan menyeduh kopi setiap pagi hari, merupakan rutinitas yang menggembirakan bagi sebagian orang, terutama kamu pecinta kopi, ya gak?

Menghemat Uang

Alasan kedua adalah dengan menyeduh kopi sendiri di rumah akan dapat menghemat pengeluaran, dibandingkan apabila kita membelinya, seperti halnya dengan memasak di rumah pastinya akan lebih menghemat uang daripada makan di warung atau restoran. Kamu bisa membayangkan berapa pengeluaran kamu untuk minum kopi di Starbucks atau coffeeshop lainnya. Apabila dihitung-hitung pengeluaran kamu untuk ngopi diluar rumah dapat kamu kumpulkan untuk membeli alat seduh kopi sederhana yang murah dan simpel, sehingga nantinya dapat kamu gunakan setiap ingin menyeduh kopi di rumah. Hemat kan?

Dapat Mengeksplorasi Tentang Kopi

Dunia kopi selalu berubah seiring dengan perkembangan zaman dan teknologi serta inovasi-inovasi yang ditemukan. Seiring berubahnya zaman, selalu saja ada perkembangan terbaru atau tren kekinian yang ditemukan dan diperkenalkan.
Entah dari sisi roasting profile-nya, campuran-campuran bahan yang ditambahkan ke dalam kopi atau bisa juga penemuan rasa-rasa yang baru melalui percobaan-percobaan yang dilakukan. Menyeduh kopi dan memiliki alat seduh sendiri di rumah tentunya akan dapat membuka dan menambah pengetahuan tentang kopi karena kamu mengalami sendiri kegiatan tersebut. Kamu harus mengeksplorasi kopi dari berbagai jenis roaster dan pada ujungnya dapat menemukan kopi yang menjadi favorit kamu.

What do you want? “Just coffee. Black – like my soul”¬†– Cassandra Clare

Dapat Bereksperimen Dengan Kopi

Untuk dapat mengerti tentang kopi maka kuncinya adalah semakin banyak kamu mencoba berbagai jenis kopi, maka akan semakin baik pula pengetahuan kamu tentang rasa kopi, dan nantinya kamu dapat memilih jenis kopi mana yang paling disukai.
Punya mesin espresso atau alat seduh sendiri di rumah tidak hanya berarti bebas memilih kopi dari berbagai roaster dan origin kopi, namun juga bebas untuk bereksperimen tentang bagaimana perbedaan setting-an (misalnya jumlah takaran kopi, tingkat/level grinding, jumlah air, durasi waktu penyeduhan, dan sebagainya) yang mana dapat mempengaruhi rasa kopi itu sendiri.

Dengan 4 alasan diatas, rasanya kamu tidak perlu ragu lagi untuk mulai “berinvestasi” di alat seduh kopi rumahan, agar nantinya kebiasaan kamu membeli kopi bisa tergantikan dengan kegiatan menyeduh kopi sendiri dirumah. Gimana? tertarik?

Jika bingung mau mulai berinvestasi alat kopi dari mana, mungkin kamu bisa membaca artikel tentang alat kopi sederhana yang pernah dibuat oleh kopitem. Dan terakhir dimanapun kamu ngopi. Tetap ingat kopitem ya.

Salam kopi.

Share