7 Alat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

7 Alat Kopi yang Dibutuhkan Kedai Kopi Sederhana

6 minutes

Budaya minum kopi di Indonesia semakin berkembang, terlihat dengan munculnya banyak kedai kopi di berbagai daerah, mulai dari kedai kopi sederhana sampai kedai kopi mewah. Ketika kamu ingin membuka kedai kopi, maka ada 7 alat kopi yang wajib kamu miliki, salah satunya adalah grinder kopi.

Apakah kamu mempunyai keinginan untuk membuka warung atau kedai kopi? Jika iya, pasti sekarang kamu sedang memikirkan, alat kopi apa saja yang cocok untuk kedai kopi kamu nantinya. Ketika ingin membuka kedai kopi pasti sebelumnya kamu sudah mempunyai rencana, baik itu rencana konsep kedai kopi seperti apa yang akan kamu buka, berapa anggaran yang kamu punya, alat kopi apa saja yang akan kamu beli dan sebagainya.

Yang tidak kalah penting yang harus kamu lakukan ketika ingin membuka kedai kopi adalah menentukan konsep dari kedai kopi itu sendiri. Karena konsep inilah yang akan menjadi dasar ketika kamu akan membeli alat kopi nantinya. Karena kamu akan membuka kedai kopi, sudah pasti produk utama yang akan kamu jual adalah minuman kopi atau coffee based. Dan untuk membuat minuman kopi itu ada beberapa macam metode yang sering digunakan di kedai-kedai kopi. Ada metode manual brew (seduh manual) yang lagi ramai saat ini. Dan ada juga metode semi otomatis, biasanya metode ini menggunakan mesin espresso yang harganya sangat mahal. Kamu bisa menggunakan salah satu metode tersebut di kedai kopi atau menggabungkan kedua metode tersebut.

Ketika kamu sudah memutuskan menggunakan metode yang mana yang akan kamu pakai untuk kedai kopi kamu, maka selanjutnya kamu bisa mencari tahu alat apa saja yang cocok untuk kedai kopi kamu. Kita ambil contoh misalnya kamu memutuskan untuk menggunakan metode manual brew di kedai kopi kamu, maka alat apa sajakah yang wajib kamu beli?

Rekomendasi Alat Kopi Untuk Kedai Kopi Sederhana

Ada beberapa rekomendasi alat kopi yang wajib kamu punya ketika membuka kedai kopi, apa saja?

1. Grinder

Grinder merupakan alat penggiling kopi. Grinder menjadi alat kopi yang wajib kamu punya pertama kali ketika ingin membuka kedai kopi. Kenapa grinder? Kan kita bisa beli kopi dalam bentuk bubuk? jadi gak perlu alat penggiling biji kopi lagi? Oke mungkin beberapa pertanyaan seperti itu bakal muncul. Tapi percayalah, untuk membuat secangkir kopi yang enak, dibutuhkan biji kopi yang segar, nah biji kopi yang segar itu bisa kita dapatkan dengan menggiling biji kopi tersebut disaat mau diseduh, dengan kata lain, apabila kita membeli kopi dalam bentuk bubuk, maka kesegaran kopi tersebut sudah berkurang.

Apalagi kita bicara tentang kebutuhan kopi untuk kedai kopi yang pasti membutuhkan bubuk kopi dalam jumlah yang banyak, apabila kita me-stock kopi dalam bentuk bubuk maka dikhawatirkan kopi tersebut akan tidak segar lagi ketika diseduh. Tapi apabila kita me-stock kopi dalam bentuk biji dan baru akan menggilingnya menjadi bubuk ketika diseduh, maka kesegaran kopi masih bisa kita dapatkan. Yang terpenting, sesuaikan stock kopi kamu dengan kebutuhan kedai kopi, karena me-stock kopi langsung dalam jumlah yang banyak juga tidak baik.

Oleh karena itu, Grinder menjadi alat wajib pertama yang harus kamu punya. Kamu bisa menyesuaikan dengan budget kedai kopi untuk membelinya. Ada beberapa pilihan Grinder terjangkau namun berkualitas yang bisa kamu beli, seperti Grinder Feima 600N yang harganya kisaran 2juta-an, atau krups yang harganya sekitar 1,2 juta. Kedua grinder tersebut sudah semi otomatis dan pastinya sudah menggunakan listrik untuk pengoperasiannya.

2. Espresso Maker

Ketika kamu memutuskan menggunakan konsep metode manual brew di kedai kopi kamu, maka kemungkinan besar isi menu minuman kopi kamu akan didominasi oleh berbagai macam metode manual brew, seperti pour over (v60, kalita wave, tetra drip), aeropress, vietnam drip, french press dan sebagainya. Lalu bagaimana dengan menu espresso? Tenang, kamu bisa tetap membuat espresso dengan alat manual.

Kamu bisa menggunakan moka pot sebagai pengganti mesin espresso yang harganya luar biasa mahal untuk membuat espresso. Selain moka pot, kamu juga bisa menggunakan aeropress, tetapi kopi yang dihasilkan oleh Aeropress tidak akan pekat seperti moka pot. Jika ada budget berlebih, kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli alat bellman stove top. Khusus untuk bellman, ada 3 tipe, ada bellman stove top CX-25 (espresso + frothing susu), bellman stove top CX-25P (espresso + frothing susu + pressure gauge), bellman stove top CX-25S (hanya untuk frothing susu).

3. Scale atau Timbangan

Scale atau timbangan menjadi alat yang harus kamu beli untuk melengkapi koleksi alat kopi di kedai kopi kamu. Tentu alat ini akan berguna untuk menakar atau menimbang berat bubuk kopi yang akan kamu gunakan nantinya, supaya tidak ada bubuk kopi yang terbuang sia-sia.

Untuk masalah harga scale juga bervariasi, kamu bisa membeli yami scale yang terjangkau di harga 400 ribu, jika ada budget berlebih, kamu bisa membeli hario dripper scale di harga 1,2 juta.

4. Kettle atau teko

Jika kamu sudah mantap menggunakan metode manual brew di kedai kopi kamu, maka kettle atau teko leher angsa wajib kamu punya. Kenapa harus kettle yang ujungnya berbentuk leher angsa? karena dengan ujung yg lancip dan panjang seperti bentuk leher angsa, maka akan mudah digunakan ketika melakukan pouring di metode pour over. 

Ada beberapa pilihan kettle dengan harga yang menarik, kamu bisa mempertimbangkan kettle bermerek Yami, seperti Yami Drip Kettle yang harganya tidak sampai 500 ribu, atau jika ada budget lebih, kamu bisa membeli kettle merek Hario, seperti Hario kettle buono yang harganya sekitar 800 ribu.

5. Alat Pour Over

Di metode manual brew, minuman kopi yang paling digemari adalah minuman kopi yang diseduh dengan teknik pour over atau dripper. Ada beberapa macam alat yang bisa digunakan dalam teknik pour over atau dripper ini, seperti dripper berbentuk V60 dari brand Hario yang sangat terkenal, ada juga dripper berbentuk wave dari Kalita. Selain dua macam alat tersebut, sebenarnya ada beberapa macam alat pour over atau dripper lainnya. Tapi jarang ada peminatnya, oleh karena itu dengan memiliki kedua alat tersebut saja sudah cukup untuk memenuhi koleksi alat seduh kopi di kedai kamu.

6. French Press

Dengan alat french press, kamu sudah bisa membuat kopi tanpa ampas. Yap, French Press merupakan salah satu metode manual menyeduh kopi yang banyak peminatnya. Alasannya cukup simpel, tidak ada metode menyeduh kopi yang sesederhana dan semudah metode French Press namun menghasilkan kopi yang kaya rasa. Apalagi harga french press di pasaran yang termasuk murah dibanding dengan alat seduh kopi manual lainnya.

Kamu sudah bisa memiliki french press hanya dengan membayar 190 ribu saja. Jika ada budget lebih tidak ada salahnya membeli french press dari brand terkenal Hario, karena Hario french press mempunyai desain yang indah serta tahan lama.

7. Vietnam Drip

Vietnam drip juga merupakan salah satu alat seduh kopi manual favorit. Biasanya ketika menyeduh kopi dengan vietnam drip, orang-orang sering menambahkannya dengan susu kental manis. Ya, vietnam drip bisa menjadi salah satu menu alternatif di kedai kopi kamu. Cara membuatnya juga tidak ribet, hanya perlu memasukkan bubuk kopi ke alat drippernya, kemudian letakkan diatas cangkir kopi kamu, jika kamu ingin memakai susu, maka tuang susu di cangkir kopi, setelah itu seduh alat dripper yang sudah berisi dengan bubuk kopi tadi dengan air panas secukupnya. Dan kamupun sudah bisa menghidangkan kopi vietnam drip untuk pelanggan kedai kopi kamu.

Jika berbicara tentang harganya, vietnam drip juga tidak terlalu mahal, kamu bisa menemuinya di online store atau di pasar tradisional juga banyak, harganya sekitar 100 ribu – 250 ribu, tergantung mereknya. Dengan begitu, tidak ada alasan untuk tidak melengkapi kedai kopi kamu dengan alat vietnam drip ini bukan?

The Coffee Shop Smell Was Strong Enough To Build A Garage On – Raymond Chandler

Nah, dengan memiliki beberapa alat diatas, maka kamu sudah bisa memiliki sebuah kedai kopi sederhana yang siap melayani pelanggan setia kamu. Untuk jumlah masing-masing alat nantinya bisa kamu sesuaikan dengan jumlah pengunjung yang datang ke kedai kopi kamu.

Sebenarnya ada beberapa alat pendukung yang bisa kamu miliki apalagi masih ada budget berlebih seperti thermometer untuk mengukur suhu air yang digunakan ketika menyeduh kopi, kemudian jika kamu menggunakan teknik pour over, pasti kamu membutuhkan kertas penyaring atau paper filter untuk menyaring bubuk kopinya nanti. Jangan lupakan juga cangkir kopi yang akan kamu gunakan untuk menghidangkan kopi yang sudah kamu seduh ke pelanggan kamu. Kamu bisa mencari bentuk cangkir kopi yang sesuai dengan konsep kedai kopi kamu.

Apapun alatnya dan bagaimana pun cara kamu menyeduh kopinya, yang terpenting adalah rasa kopi yang kamu hidangkan ke pelanggan kamu, karena secanggih dan sekeren apapun alat kopinya, tapi rasa kopinya tidak enak, maka pengunjung kedai kopi kamu tidak akan mau kembali lagi nantinya? Betul?

Salam kopi.

Share