7 Aplikasi IOS dan Android yang Berhubungan dengan Kopi

7 Aplikasi IOS dan Android yang Berhubungan dengan Kopi

4 minutes

Berkembangnya teknologi juga ikut dirasakan didunia perkopian, terbukti dengan munculnya banyak aplikasi smartphone (ponsel pintar) yang bisa membantu kamu para pecinta kopi untuk memudahkan membuat kopi ataupun hanya untuk sekedar “mengecek” kadar kafein yang sudah masuk ke tubuh kamu. Penasaran?

Bagi kamu para penikmat kopi, ada baiknya kamu mengetahui tentang aplikasi smartphone baik itu IOS maupun android yang berhubungan dengan kopi. Seiring dengan semakin canggihnya teknologi dan perkembangan inovasi-inovasi di dunia perkopian, hal ini terlihat dari semakin menjamurnya alat-alat kopi dengan bentuk dan desain serta fungsinya yang semakin menawan dan mempunyai ke-khasan tersendiri pada masing-masing brand.

Inovasi teknologi juga masuk didunia perkopian, ditandai dengan munculnya banyak aplikasi smartphone yang membantu kita untuk menyeduh kopi atau bahkan hanya sekedar “mengecek” kadar kafein yang ada di dalam tubuh kita. Simak ulasan berikut ini tentang aplikasi smartphone baik untuk IOS maupun android yang berhubungan dengan kopi yang banyak dipakai oleh pecinta kopi dan juga dapat kamu download dan gunakan.

Spro (IOS)

Aplikasi yang satu ini sangat cocok buat kamu yang mempunyai mesin kopi espresso di rumah. Spro memberikan petunjuk tentang cara-cara untuk membuat 14 jenis minuman kopi berbasis espresso yang dilengkapi dengan gambar diagram yang jelas. Jadi kamu tidak perlu kebingungan lagi mengenai komposisi dan berapa perbandingan kopi dan susu di dalam secangkir cappuccino atau coffee latte.

Kohi (IOS)

Kohi merupakan aplikasi yang wajib dimiliki kalau kamu ingin menyeduh kopi dengan cara yang benar. Alat ini disebut juga sebagai “brew calculator, timer, and recipe manager“, dengan alat ini kamu bisa menentukan pilihan jenis metode pour over apakah yang ingin dipakai, apakah dengan menggunakan chemex, V60, Aeropress, French Press, atau metode yang lainnya. Aplikasi ini akan memberi tahu kamu rasio atau perbandingan biji kopi dan air yang benar dan dapat mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk penyeduhan yang ideal.

Intellegentsia Coffee (IOS)

Tidak hanya sebagai penjual biji kopi berkualitas, Intellegentsia Coffee juga membuat sebuah aplikasi kopi. Aplikasi ini dilengkapi dengan 6 cara menyeduh kopi dengan berbagai alat mulai dari Chemex, Cupping, Cafe Solo, Pour Over, Siphon, dan French Press. Masing-masing dari metode ini dijelaskan dengan sangat detail dan disertai gambar atau ilustrasi. Pada bagian ‘Brew Timer’-nya bahkan mempunyai timer agar kamu bisa menyeduh kopi dengan durasi waktu yang pas.

Where is the app that brings me coffee – anonymous

Coffee Counter (android)

Apakah kamu termasuk salah seorang pecandu kopi, namun harus membatasi diri karena faktor kesehatan? Mungkin aplikasi ini cocok untuk dijadikan teman kamu. Coffee Counter membantu kamu untuk mencatat seberapa banyak kafein yang telah kamu minum/konsumsi setiap harinya. Dalam satu hari, aplikasi coffee counter ini bisa menyimpan hingga 20 cangkir kopi.

Coffee Mania (android)

Aplikasi coffee mania ini juga ditujukan untuk kamu yang ingin mencoba menyajikan kopi sendiri di rumah. Di aplikasi ini berisikan 250 jenis resep kopi pilihan, meskipun aplikasi ini tidak menerangkan secara detail resep kopi yang ada di aplikasinya, tapi akan tetap menarik untuk digunakan, seperti ketika hendak mengundang banyak orang ke rumah, kamu bisa menggunakan resep yang ada di aplikasi ini. Di samping itu, kamu juga dapat menemukan berbagai macam artikel menarik tentang efek positif dan negatif dari mengkonsumsi kopi secara berlebihan, snack untuk pendamping kopi dan sebagainya.

Coffitivity

Beberapa orang suka mengerjakan pekerjaannya di kedai kopi atau cafe-cafe sambil membawa laptop mereka. Tapi sayangnya beberapa orang lainnya juga tidak mempunyai waktu yang cukup atau ingin berhemat dengan bekerja di rumah sambil mennyeruput kopi buatan sendiri. Tapi jangan khawatir, aplikasi Coffitivity ini hadir agar kamu bisa membawa suasana kedai kopi yang ‘khas dan unik’ ke rumah kamu.

Aplikasi yang satu ini juga mempunyai beberapa pilihan suara yang dapat kamu dengarkan melalui headset dan membuat kamu seolah-olah berada di kedai kopi sungguhan. Karena dari penelitian yang dilakukan membuktikan bahwasanya suara dan suasana dalam kedai kopi/cafe dapat membantu sebagian orang untuk dapat berkonsentrasi dalam bekerja.

UP Coffee

Aplikasi UP Coffee ini tidak ada hubungannya dengan cara membuat kopi. Aplikasi ini adalah aplikasi yang membantu kamu untuk menghitung seberapa banyak kamu mengkonsumsi kopi di hari ini dan kamu akan diberi tahu kapan harus berhenti minum kopi. Aplikasi ini akan memberi tahu kamu akan efek yang didapatkan jika terlalu banyak mengkonsumsi kopi yang di dalamnya terdapat zat kafein.

Summa Coffee Arabika Kayu Aro Kerinci

Rp 110.000

Summa Coffee Arabika Kayu Aro Kerinci

Rp 110.000

Hario Dripper V60 V01

Rp 115.000

Share