5 Manfaat Minum Kopi part 1

5 Manfaat Minum Kopi part 1

2 minutes

Begitu kita mendengar kata kopi, langsung yang terlintas dipikiran kita adalah minuman berwarna hitam, rasanya pahit, tapi walaupun pahit, minuman kopi ternyata banyak penggemarnya. Memang, sesuatu yang pahit tak lantas serta-merta dijauhi. Mengapa demikian? Nah, ternyata dari kopi, minuman yang katanya pahit ini, kita bisa mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Apa sajakah manfaat kesehatan yang bisa kita dapatkan dari minuman kopi? Berikut saya jelaskan beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari minuman kopi.

1. Dapat Menyehatkan Usus

Riset terhadap 165.000 orang Belanda yang dilakukan Dr. Cisca Wijmenga dan timnya dari University of Groningen menemukan apapun yang dimakan seseorang akan berdampak langsung terhadap keragaman mikrobiosme dalam ususnya. Menariknya, makin imbang pola makannya, maka makin beragam bakteri dalam ususnya dan hal ini merupakan pertanda baik.

Dari 60 jenis makanan yang mempengaruhi keberagaman ini, teh dan kopi merupakan dua dari sekian banyak jenis asupan yang bisa membantu menjaga keseimbangan usus, disamping yogurt dan wine (anggur).

2. Menurunkan Resiko Kanker Usus

Dari hasil penelitian yang dilakukan Dr Gad Rennert, Direktur Clalit National Israeli Cancer Control Center, Haifa, Israel, mengkonsumsi 1-2 cangkir kopi sehari dikaitkan dengan penurunan resiko kanker usus besar sebanyak 26%. Bahkan makin banyak kopi yang diminum, makin besar resiko yang dikurangi.

Penurunan resiko sebesar 50 persen berlaku bagi mereka yang meminum lebih dari 2,5 cangkir sehari. Namun, Rennert mengaku belum dapat menjelaskan mekanisme seperti apa yang membuat kopi mampu memberikan perlindungan dari kanker usus besar. Dia menduga bukan kafeinnya, tapi antioksidan pada kopi yang dilepaskan saat proses roasting.

Menanggapi itu, Susan Gapstur dari AmericanCancer Society mengingatkan minum kopi tidak serta-merta menurunkan resiko kanker usus besar pada diri seseorang. Jadi minum kopi boleh saja, asal jangan kebanyakan.

3. Turunkan Resiko Kanker Prostat

Penelitian di Tongji University Hospital, Shanghai, menyebut asupan kopi sebanyak 2 cangkir per hari bisa  menurunkan resiko kanker prostat sebesar 2,5 persen. Kalaupun terkena kanker prostat, resiko kematian berkurang 24 persen dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Diyakini, efek tersebut berkaitan dengan kandungan senyawa-senyawa antiradang dalam kopi yakni cafestol dan kahweol. Keduanya disebutkan bisa menghambat pertumbuhan sel kanker.

Tapi jika hendak merencanakan kehamilan, sebaiknya konsumsi 2 cangkir kopi tidak dilakukan karena ditengarai bisa meningkatkan resiko keguguran.

4. Turunkan Resiko Multiple Schlerosis

Temuan yang dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry edisi 3 Maret 2015 mengungkap orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari resiko multiple schlerosis (MS). Hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar terkonfirmasi. Namun diyakini, kandungan kafein punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

5. Cegah Tulang Keropos

Penelitian yang dilakukan Seoul National University Hospital mengungkap bahwa mengonsumsi 2 cangkir kopi dalam sehari dapat mengurangi resiko osteoporosis secara signifikan, utamanya pada perempuan. Namun peneliti mengingatkan bila dikonsumsi secara berlebihan, kopi malah dapat menghilangkan zat-zat penting dalam tubuh seperti kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Nah itu beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari minum kopi. Tentu masih banyak manfaat lain dari minum kopi. Silahkan berbagi di kolom komen jika ada manfaat lain.
Salam kopi.

Share