perbedaan-espresso-ristretto-dan-lungo

Perbedaan Antara Espresso, Lungo dan Ristretto

Artikel ini membahas tentang:

Minum kopi sudah menjadi aktifitas sehari-hari atau kewajiban bagi kita pecinta kopi.¬†Buat kalian penikmat kopi kelas “berat”, espresso sudah menjadi pilihan yang pas untuk dinikmati. Namun, apakah kamu pernah dengar menu kopi espresso lainnya seperti lungo dan ristretto?

Nah, kali kita akan membahas tentang perbedaan antara Espresso, Lungo, dan juga Ristretto. Memang sama-sama terbuat dari kopi dan proses pembuatannya pun juga sama, tetapi ketiga minuman ini memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya?

1. Kopi Espresso

Kebanyakan orang yang suka minum kopi sepertinya sudah tidak asing lagi dengan espresso. Bahan utama dari espreso ini paling banyak dipakai untuk membuat latte, cappuccino, dan lainnya. Hanya sekedar mengingatkan saja jika espresso merupakan minuman kopi yang di esktrak dengan air yang hangat pada tekanan tinggi sekitar 90c-96c, dan dalam kurun waktu yang cepat (ekspres). Itulah mengapa minuman ini disebut espresso (ekspres).

Pada umumnya, proses dari ekstraksi menggunakan 1 shot espresso yang berukuran standar 30 ml. Cuma memakan waktu sekitar 30 detik saja, jadi hasilnya benar-benar konsentrat, padat dan juga jauh lebih tebal dibanding kopi seduh manual.

Biasanya espresso mempunyai cita rasa yang creamy seperti susu atau bahkan buah-buahan. Espresso juga biasanya dinikmati didalam cangkir yang ukurannya kecil dan khusus untuk espresso saja.

2. Kopi Ristretto

Ristretto juga menjadi salah satu menu kopi favorit pecinta kopi, ketika mereka tidak ingin minum kopi yang “bold” seperti espresso, maka mereka lebih memilih ristretto. Ristretto ini berasal dari Italia yang artinya restricted. Beda halnya dengan espresso, ristretto yang di ekstraksi dengan waktu yang cukup singkat, sekitar 15 detik saja.

Para pecinta kopi biasanya lebih sering untuk memesan Double Ristretto ukuran 30 ml, takaran yang sama dengan espresso, tapi dengan sensasi yang beda. Jadi diperlukan waktu singkat untuk ekstraksi dari ristretto ini dan juga memiliki rasa yang lebih lembut dan juga lebih manis. Proses yang cuma setengah dari espresso membuat ektraksinya lebih sedikit acidity, hal tersebut yang membuat ristretto terasa lebih manis dibanding espresso.

3. Kopi Lungo

Lungo yang berasal dari Italia, yang memiliki arti long atau panjang. Lungo merupakan minuman kopi yang diproses pembuatannya lumayan panjang. Pada umumnya, proses ektraksi maksimal hanya 30 detik saja, namun Lungo dibuat dengan waktu yang lebih lama dari espresoo. Biasanya Lungo diekstraksi dengan waktu kurang lebih 1 menit, dan ukuran shotnya standar kira-kira sekitar 120 ml sampai 170 ml.

Karena proses ekstraksi yang terbilang cukup lama dibanding dengan espresso dan ristretto jadi cita rasa dari Lungo tidak terlalu strong, tetapi rasanya lebih pahit dibandingkan espresso. Jika semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk ekstraksi, maka penambahan air yang diekstraksi akan semakin banyak, ditambah dengan proses pembuatan Lungo dan beberapa komponen yang terdapat pada bubuk kopi yang seharusnya tidak larut malah ikut diekstrasi. Hal ini yang membuat Lungo menjadi lebih getir dibandingkan espresso.

Nah, buat kalian pecinta kopi. Kalian sudah tahu kan sekarang perbedaan antara Espresso, Ristretto, dan juga Lungo?

Jika kalian ke coffee shop, kalian lebih suka kopi yang mana nih? Espresso, Ristretto, atau Lungo? Tulis di kolom komentar ya.

Terima kasih. Semoga bermanfaat.
Salam kopi.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply