kesalahan saat menyeduh kopi - kopitem.com

6 Kesalahan Saat Menyeduh Kopi yang Sering Terjadi

Banyak orang yang menjadikan minum kopi sebagai ritual wajib di pagi hari sebelum memulai kegiatan. Hal ini dikarenakan kopi mengandung kafein yang dapat membantu kita lebih fokus dan lebih berenergi untuk berkegiatan sepanjang hari. Apakah kamu termasuk ke dalam kategori ini?

Meskipun menyeduh kopi terlihat mudah dilakukan, tapi masih banyak orang yang melakukan kesalahan saat menyeduh kopi. 

Sebelum menyeduh kopi, ketahui beberapa kesalahan yang sering terjadi dan tidak disadari ketika menyeduh kopi:

6 Kesalahan dalam menyeduh kopi

1. Menggunakan biji kopi yang sudah lama digiling  

Jika ingin mendapatkan minuman kopi yang segar, sebaiknya beli biji kopi yang masih dalam bentuk biji. Karena, begitu biji kopi digiling, biji kopi tersebut mulai “melepaskan” kandungan-kandungan zat yang ada di dalamnya. Hal ini bisa menyebabkan rasa kopi mulai tidak segar lagi ketika diseduh. Semakin lama biji kopi tersebut di seduh, akan semakin banyak rasa yang akan hilang. 

Untuk mengantisipasi hal tersebut, kita bisa membeli gilingan kopi atau grinder manual sederhana saja, supaya kita bisa membeli kopi dalam bentuk biji, dan kemudian menggiling biji kopi tersebut disaat kita mau menyeduh kopi di rumah. 

2. Kualitas air yang buruk 

Setelah memastikan biji kopi yang digunakan masih dalam kondisi yang segar, selanjutnya pastikan juga air yang digunakan berkualitas baik.
Untuk menghasilkan seduhan kopi yang baik, sebaiknya gunakan air yang bebas mineral dan tidak asam. Namun jika Anda kesulitan untuk menemukannya, beli saja air dalam kemasan yang bertuliskan “bebas mineral” atau dengan kadar asam yang rendah. Saat ini sudah banyak beredar di pasaran kemasan air yang mencantumkan hal tersebut.

3. Suhu air yang tidak sesuai

Seringkali kita menyeduh kopi dengan suhu air yang kurang panas. Padahal, suhu air yang paling baik untuk menyeduh kopi adalah 90-96 derajat celcius. Karena air dalam kisaran suhu tersebut mampu mengekstrak rasa paling banyak dari biji kopi yang diseduh. 

Jika suhu air masih di bawah derajat tersebut, ada kemungkinan zat-zat yang terkandung di dalam biji kopi tersebut tidak terekstraksi dengan baik, sehingga akan mengurangi kenikmatan dari kopi yang kita seduh.

4. Rasio kopi dan air yang salah 

Pernah mencicipi secangkir kopi dan berpikir bahwa kopi itu tidak memiliki aroma yang kuat bahkan cenderung seperti air putih biasa? Bisa jadi itu karena rasio perbandingan bubuk kopi dan airnya tidak sesuai. 

Untuk itu, kita dapat mengatur rasio yang tepat sesuai selera. Pertama kali, kita bisa coba dengan dua sendok makan kopi (sekitar 15gram) per cangkir dan air sebanyak 225ml. Jika dengan rasio tersebut kopinya masih dirasa terlalu pekat, bisa ditambahkan air, begitu juga sebaliknya.  

5. Keadaan suhu cangkir/wadah minum kopi

Logikanya seperti ini: jika kita menuangkan cairan panas ke dalam wadah yang suhunya lebih rendah, cairan itu tidak akan bertahan lama, bukan? Untuk memperpanjang kenikmatan dalam menyeruput kopi, maka kita perlu menghangatkan cangkirnya terlebih dahulu, agar suhu cairan kopi yang kita buat tidak cepat dingin.

Sebaiknya sebelum memasukkan bubuk kopi dan air panas ke dalam cangkir, kita bisa tuangkan sedikit air panas ke dalam cangkir tersebut, seperti mencuci gelas tersebut dengan air panas. Lalu, kosongkan cangkir sebelum diisi dengan bubuk kopi. 

6. Menggunakan jenis cangkir yang salah 

Meskipun kelihatannya sepele, tapi ternyata ini bisa mempengaruhi rasa kopi yang kita seduh. Cangkir berbahan porselen akan mempertahankan suhu panas kopi lebih lama dibandingkan dengan cangkir berbahan kaca apalagi cangkir berbahan plastik. 

Jadi, cobalah untuk menggunakan cangkir berbahan porselen atau cangkir keramik yang kokoh agar kita dapat menyeruput kopi yang nikmat lebih lama.

Demikianlah 6 kesalahan dasar yang paling sering terjadi dan sering kali kita tidak menyadarinya ketika menyeduh kopi. Punya pengalaman lain ketika menyeduh kopi yang ternyata mempengaruhi kualitas minuman kopi yang kita seduh? Sharing di kolom komentar yuk.

Semoga artikel kali ini bermanfaat ya.
Salam kopi.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.