Turk Kahvesi, Turkish Coffee: Cara Menikmati Kopi ala Turki

Jika kamu seorang penyuka kopi, kamu harus mencoba Turk kahvesi atau kopi Turki yang sudah terkenal di dunia. Simak penjelasan Turkish coffee berikut ini.

Apa Itu Turkish Coffee?

Kopi Turki merupakan jenis kopi berdasarkan metode atau cara pembuatannya. Untuk membuatnya kamu perlu memiliki berbagai peralatan khusus, antara lain:

kahve değirmeni
Cezve
Fincan
  • Penggiling biji kopi yang dinamakan kahve değirmeni. Penggiling biji kopi ini mampu menggiling dengan sangat halus, berbeda dengan penggiling biji kopi biasa.
  • Cezve digunakan untuk memasak kopi yang sudah halus tadi. Alat ini berupa panci dengan gagang yang panjang untuk menghindarkan kamu dari panas.
  • Fincan merupakan cangkir khas Turki untuk menghidangkan kopi kamu.

Jenis-jenis Racikan Kopi ala Turki 

Biasanya kopi Turki dinikmati tanpa gula. Ada pula kopi Turki yang menggunakan berbagai rempah seperti kapulaga, cengkeh, mastic, pistacia, damar wangi, sahlep, carob, dan bubuk coklat. Kopi kaya rempah ini dinamakan Osmanli Kahvesi atau Ottoman Coffee. 

Untuk racikan yang lebih sederhana, orang Turki menamakannya Turk Kahvesi atau Turkish coffee. Kopi ini berupa campuran bubuk kopi, mastic, dan kapulaga atau kardamon. 

Untuk kopi yang tidak memakai rempah, namun dimasak dengan menggunakan ibrik atau cezve juga dinamakan Kopi Turki atau Turkish Coffee. 

Sejarah Singkat Turkish Coffee

Pada abad ke 15 di masa kekaisaran Ottoman. Seorang Gubernur Ottoman di Yaman menemukan kopi ini. Kopi ini kemudian dibawa dan  diperkenalkan kepada Sultan Sulaiman.

Pada waktu itu, di Yaman, kopi dikonsumsi sebagai camilan. Namun di Ottoman, kopi dikonsumsi dengan cara yang berbeda. Mereka menumbuk biji kopi tersebut hingga halus, lalu hasil tumbukan diletakkan dalam ibrik/Cezve. 

Setelah itu, mereka merebusnya dengan air dan untuk menikmatinya mereka menambahkan gula. Pada perkembangannya, kopi pun bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Kedai kopi pertama ada pada tahun 1554, di Istanbul, dengan nama Kiva Han. 

Pada saat itu orang-orang kaya juga banyak yang menyewa kahveci usta, atau barusta di aman sekarang, untuk mendapatkan cita rasa kopi yang enak. 

Turkish Coffee dalam Budaya dan Tradisi Turki

Turkish coffee ini hadir dalam tradisi pernikahan Turki. Calon pengantin wanita meracik kopi untuk calon ibu mertua. Dia harus menambahkan garam dalam minuman kopi tersebut. 

Sedikit garam artinya calon pengantin wanita sangat ingin menikah dengan calon pengantin pria. Kemudian, calon pengantin pria harus meminum racikan kopi tersebut sebagai bukti keseriusannya

Biasanya mereka akan membaca keberuntungan dari ampas kopi yang tertinggal. Ampas kopi dituang ke alas kopi, setelah kering pola dari ampas kopi itu dapat digunakan untuk membaca keberuntungan.

Budaya minum kopi ini sangat berkembang di masyarakat, dan mempengaruhi gaya hidup mereka. Minum kopi bisa menjadi media berdiskusi antara masyarakat. 

Kedai kopi banyak ditemukan di sekitar masjid, sebagai tempat nongkrong untuk membicarakan masalah agama ataupun sekedar mengobrol sambil menikmati wanginya aroma kopi. 

Cara Membuat Kopi Turki

  • Pertama persiapkan peralatan pembuatan kopi seperti yang sudah disebutkan di atas. Jika kamu tidak memiliki kahve değirmeni, kamu dapat menggunakan palu. 
  • Sebisa mungkin, giling dengan level kehalusan yang tinggi. kamu juga bisa membeli bubuk kopi yang sudah jadi. 
  • Setelah itu, masukkan bubuk kopi sebanyak 2 sendok makan ke dalam cezve, tambahkan gula 1-3 sendok teh gula atau sesuai selera kamu, dan air. 
  • Kemudian aduk semua bahan hingga tercampur rata. kamu tidak boleh mengaduk lagi setelah ini. Kopi Turki hanya diaduk sekali, sebelum dimasak. 
  • Taruh Cezve tersebut di atas kompor. Kamu harus memasak kopi ini dengan api sedang. Tidak berselang lama, kopi akan berbusa.
  • Sebelum kopi mendidih, angkatlah cezve tersebut, dan sisihkan busana ke dalam wadah tertentu. Letakkan kembali cezve tadi ke atas kompor, biarkan berbusa dan angkat.
  • Tuang kopi ke dalam cangkir fincan, biarkan ampasnya mengendap. Kopi Turki kamu siap dinikmati.
  • Kamu juga dapat memasak kopi dengan pasir untuk cita rasa yang lebih otentik. 

Apakah kamu semakin tertarik untuk mencoba Turkish Coffee? Manakah yang lebih menarik untuk kamu, Turk Kahvesi atau Osmanli Kahvesi? Demikianlah penjelasan Turkish Coffee, semoga bermanfaat. 

Baca juga: Jenis-Jenis Espresso

Terima kasih. Salam kopi.

Silakan share jika kamu rasa bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *