Tips Membuat Kopi dengan Aeropress

2 minutes

Aeropress menjadi alat seduh kopi yang cocok digunakan untuk membuat kopi dengan cepat dengan hasil ‘sekuat’ espresso. Selain itu, alat ini juga mudah dibersihkan.

Banyak metode yang bisa kamu gunakan untuk menyeduh kopi favorit kamu. Salah satunya dengan Aeropress. Aeropress adalah sebuah alat seduh kopi manual yang diciptakan oleh orang berkebangsaan Amerika yang bernama Alan Adler pada tahun 2005. Aeropress di klaim bisa menghasilkan kopi sepekat espresso, sesuai dengan tagline yang ‘dikemas’ di mereknya, Aeropress “coffee and espresso maker”.

Aeropress menjadi alat seduh yang cocok digunakan untuk membuat kopi dengan cepat dan menghasilkan kopi ‘sekuat’ espresso. Selain itu, alat ini juga mudah dibersihkan. Mungkin kekurangannya, alat ini tidak cocok apabila kamu mau buat kopi dalam jumlah yang banyak. Akan repot. Yang terpenting adalah, kita bisa buat kopi dengan mudah dan enak. Ya gak?

Yang kamu butuhkan :

Sebelumnya, coba kamu perhatikan beberapa components yang terdapat di dalam satu paket pembelian aeropress berikut ini :

 

Sudah tau masing-masing components-nya? Yuk langsung seduh kopinya :

1. Panaskan Air

Panaskan air sampai kurang lebih 85 derajat celcius

2. Grind biji kopi favorit

Selagi nunggu air panas, grind/giling biji kopi kamu di ukuran sedikit halus sekitar 20 gram (gunakan timbangan atau sendok takar kopi). Banyaknya biji kopi yang digunakan bisa juga sesuai dengan selera kamu.

3. Set Up Aeropress

Masukkan kertas filter ke dalam tutup/filter cap kemudian dibilas dengan air panas terlebih dahulu. Kemudian pasangkan ke chamber-nya dan langsung diletakkan diatas mug kamu.
Mug yang kamu pakai harus kuat/kokoh, karena nanti kita akan sedikit menekannya.

4. Aduk dan Angkat

Ketika air sudah panas, letakkan bubuk kopi ke dalam chamber aeropress. Tuang air panas sekitar 200 ml (sesuai selera, semakin sedikit air, rasa kopi semakin pekat) setelah itu aduk sekitar 10 detik atau 20 kali (menggunakan alat pengaduk yang ada dalam 1 paket aeropress). Lagi-lagi jumlah yang tertera disini hanya contoh, kamu bisa mengganti jumlahnya sesuai dengan selera kamu.

5. Tekan

Setelah diaduk, tunggu sekitar 30 detik, kemudian tekan plunger dengan tangan kamu secara perlahan. Semakin halus gilingan kopi kamu, semakin berat menekannya, tapi tenang aja, cuma sebentar kok.

Setelah plunger telah ditekan sampai ujung, cabut plunger. Kopi pun sudah siap untuk diminum. Kira-kira waktu yang dibutuhkan untuk menyeduh kopi dengan Aeropress adalah sekitar 2 menit.

World barista champions use the Aeropress to make coffee on the folding tray tables of airplanes.
Tim Ferris, American Author

Inverted Method

Selain metode diatas, ada satu lagi metode yang juga sering digunakan yang dikenal dengan istilah ‘inverted method’ atau metode terbalik. Caranya hanya dengan membalikkan aeropress kamu. Jadi plunger berada dibawah dan filter cap diatas. Ketika kopi, air sudah diisi dan ditutup dengan filter cap, balikkan Aeropress dengan meletakkannya di mug kamu, kemudian tekan seperti biasa.

Dan ternyata banyak yang menggunakan inverted method atau metode terbalik ini karena metodenya yang unik dan rasa yang dihasilkan lebih nikmat. Kamu juga bisa mencobanya sendiri, dan rasakan, metode mana yang cocok dengan kamu. Selain metode, kamu juga bisa mengubah komposisi kopinya, mungkin dari jumlah kopi atau jumlah airnya, suhu airnya (suhu air yang direkomendasikan untuk aeropress adalah sekitar 80 derajat celcius) untuk mendapatkan citarasa kopi yang sesuai dengan kesukaan kamu.

Jangan lupa, setelah mempergunakan alat kopi, sebaiknya segera dibersihkan. Karena bagaimanapun metode dan alat yang kamu gunakan, apabila alatnya kotor, maka rasa kopi yang dihasilkan tidak akan enak.

Coba share tips menyeduh kopi yang biasa kamu lakukan dengan Aeropress yuk.

Salam kopi.

Share