Sekilas Tentang Bahaya Kopi Instan Yang Perlu Kamu Ketahui

2 minutes

Banyak berita simpang siur di kalangan masyarakat saat ini terkait dengan kopi instan. Sebelum berprasangka buruk terhadap kopi instan, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa sebenarnya kopi instan itu.

Kopi instan yang masyarakat kenal adalah sebagai minuman serbuk kopi (biasanya) dalam bentuk sachet yang dicampur dengan gula, susu atau krimer.

Sedangkan dalam Peraturan Kepala Badan POM No. 21 tahun 2016 tentang Kategori Pangan, diatur definisi dan karakteristik dasar beberapa jenis pangan olahan kopi serbuk antara lain kopi bubuk, kopi instan, kopi dekafein, kopi instan dekafein, minuman serbuk kopi gula susu, minuman serbuk kopi gula krimer, minuman serbuk kopi gula, yang masing-masing penjelasannya sebagai berikut :

Kopi bubuk merupakan biji kopi yang disangrai kemudian digiling, kandungan kafeinnya tidak lebih dari 2%.
Kopi instan merupakan kopi kering mudah larut dalam air, kandungan kafein tidak kurang dari 2% dan tidak lebih dari 8%, diperoleh seluruhnya dengan cara mengekstrak dengan air dari biji kopi (Coffea sp) yang telah disangrai.
Kopi dekafein/kopi instan dekafein merupakan kopi/kopi instan yang sebagian besar kafeinnya telah dihilangkan.
Minuman serbuk kopi gula/kopi gula susu/kopi gula krimer berbentuk bubuk, terdiri dari campuran kopi bubuk dan atau kopi instan, gula serta susu/krimer, dengan atau tanpa penambahan bahan pangan lainnya.

Setelah mengetahui apa itu kopi instan, maka kita tidak bisa beranggapan bahwa kopi instan itu berbahaya. Justru kopi yang berbahaya adalah minuman serbuk kopi yang memiliki campuran susu, gula atau krimer yang (biasanya) dikemas dalam bentuk sachet dan dikenal sebagai kopi instan di kalangan masyarakat luas.

Minuman serbuk kopi yang mengandung krimer, gula atau susu ini justru tidak baik untuk kesehatan. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan krimer nabati jika dikonsumsi berlebih dapat menyebabkan hipertensi dan penyumbatan pembuluh darah karena krimer nabati tidak dapat dicerna sempurna oleh tubuh.

Jadi, sebaiknya kamu paham kopi apa yang akan kamu minum. Apakah itu termasuk kopi bubuk, kopi instan, atau justru sekedar minuman serbuk kopi. Jika kamu memang harus membeli minuman kopi dalam bentuk sachet usahakan yang memiliki kandungan 100 persen biji kopi. Atau coba sesekali beli kopi dari roaster kopi dan menyeduhnya sendiri di rumah. Dijamin pasti lebih enak, murah, dan sehat.

Jangan lupa ngopi sahabat kopitem. Ngopi itu mudah.

Share