Manfaat minum kopi (2)

Manfaat minum kopi (2)

Sebelumnya saya sudah pernah mem-posting tentang manfaat minum kopi, silahkan membacanya terlebih dahulu sebelum lanjut membaca postingan saya kali ini. Tak perlu diragukan lagi, banyak sekali manfaat dari minum kopi untuk kesehatan kita. Berikut beberapa manfaat yang tak kalah pentingnya dari manfaat yang sudah saya sebutkan sebelum ini :

1.Meningkatkan energi

Mekanisme kerja kafein adalah tubuh menjadi tidak mengantuk, perasaan segar, sedikit gembira, jantung berdetak lebih kencang, tekanan darah naik, otot-otot berkontraksi dan hati akan melepas gula ke aliran darah yang akan membentuk energi ekstra.
coffee quotes

Kafein juga meningkatkan hormon adrenalin dalam darah yang merupakan hormon yang dirancang untuk membuat tubuh siap beraktivitas fisik yang intens.

2.Peningkatan memori

coffee-boosts-memory

Setelah meminum kopi, kafein diserap ke dalam aliran darah yang kemudian mengalir sampai ke otak. Kopi kemudian meningkatkan berbagai aspek dari fungsi umum kognitif. Sebuah studi yang dipresentasikan pada Radiological Society of North Amerika tahun 2005 menyimpulkan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek dan kecepatan reaksi.

3. Menurunkan resiko diabetes tipe 2

Studi menunjukkan bahwa peminum kopi lebih kecil kemungkinannya untuk terserang diabetes tipe 2. Dalam Journal of Agricultural & Food Chemistry 2012 menjelaskan bahwa efek senyawa yang terkandung dalam kopi akan menghalangi HIAPP (Human islet amyloid polypeptide), polipeptida yang dapat menghasilkan protein abnormal, yang ditemukan pada pengidap diabetes tipe 2. Para peneliti menduga penyebabnya adalah asam klorogenik di dalam kopi berperan memperlambat penyerapan gula dalam pencernaan. Asam klorogenik ini juga merangsang pembentukan GLP-1, zat kimia yang meningkatkan insulin (hormon yang mengatur penyerapan glukosa ke dalam sel).

Penelitian yang dipublikasi pada Journal of the American Medical Association tahun 2004 juga menyatakan bahwa mengonsumsi segelas kopi setiap hari dapat meningkatkan sensitivitas insulin. Selain itu, penelitian lain menemukan bahwa kandungan kafein, asam kafeik dan asam klorogenik pada kopi turut mencegah pembentukan racun HIAPP, serta melindungi sel pankreas pembentuk insulin. Hal ini lah yang menyebabkan konsumsi kopi secara rutin dapat membantu menurunkan risiko diabetes.

4. Melawan depresi

Biar-g-depresi-image-1

Dalam studi Harvard tahun 2011 menyebutkan bahwa wanita yang mengonsumsi 2-3 cangkir kopi setiap harinya memiliki risiko 15% lebih rendah mengalami depresi.

5. Kopi adalah sumber antioksidan

Penelitian yang dipublikasi dalam Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention menyatakan bahwa kopi mengandung sejumlah antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas penyebab penyakit degeneratif. Bukan hanya itu, kopi juga memiliki manfaat apabila dikonsumsi sebelum olahraga lho.

Sebuah penelitian yang dipublikasi dalam dalam Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan bahwa minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak sebesar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 mg kafein per kg berat badan, sehingga seseorang dengan berat badan 68 kg, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein untuk memperoleh efek tersebut.

Nah, ternyata memang minum kopi itu banyak manfaatnya ya buat kita semua. So, jangan ragu untuk minum kopi lagi, minum kopinya yang kopi murni ya, tanpa campuran apapun. Meskipun banyak manfaatnya tetapi jika dikonsumsi dengan berlebihan akan berakibat buruk juga lho buat diri kita, bukannya yang berlebihan itu memang tidak baik ya?

Salam kopi.

disunting dari detik.com
gambar diperoleh dari google.com