Efek Mengkonsumsi Kopi Berlebihan

Efek Mengkonsumsi Kopi Berlebihan

Setelah beberapa postingan sebelumnya saya mem-posting tentang manfaat dari minum kopi. Sekarang saya mau mem-posting tulisan tentang efek jika kita mengkonsumsi kopi berlebihan. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu pasti tidak baik yaa.

Menurut nutrisionis Jansen Ongko, MSc, RD jika kopi diminum secara cukup dan tak berlebihan serta tidak banyak campuran, kopi bisa memberikan berbagai macam efek positif bagi kesehatan kita.

Mulai dari bikin berenergi, hingga bantu bakar lemak lebih banyak. Namun demikian, kafein dalam kopi juga memiliki efek negatif dan salah satunya menimbulkan efek ketergantungan. Berikut beberapa bahaya kafein bagi kesehatan. Apa saja??

1. Mempercepat detak jantung

Menurut nutrisionis lulusan California State University, Los Angeles tersebut, bahwa kafein dapat menyebabkan detak jantung lebih cepat dari biasanya. Bagi yang sedang mengalami gejala serangan jantung sebaiknya menghindari mengkonsumsi kopi berlebihan.

Angina_12_04_16_0-300x226
google.com

2. Meningkatkan resiko serangan jantung dan stroke

Apabila dilakukan secara berlebihan dan terus-menerus, minum kopi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Sebuah penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Neurology, Neurosurgery, and Psychiatry menyimpulkan bahwa minum lebih dari sepuluh gelas kopi campuran (tidak murni kopi) setiap hari akan meningkatkan resiko terjadinya kerusakan pada dinding pembuluh darah.

Kondisi ini pun dapat berakibat pada meningkatnya kadar trigliserida. Hal ini menimbulkan endapan lemak, penyempitan pembuluh darah yang dapat menimbulkan serangan jantung dan stroke.

3. Bikin gugup

gugup_berbicara
google.com

Kafein yang terkandung di dalam kopi juga dapat menyebabkan insomnia, mudah gugup, sakit kepala, merasa tegang dan emosional bagi yang sensitif.

4. Tidak dianjurkan untuk wanita hamil

Menurut Jansen, wanita hamil disarankan untuk tidak mengonsumsi kopi dan makanan yang mengandung tinggi kafein secara berlebihan. Ini karena kafein dapat meningkatkan denyut jantung. Pada janin, hal ini dapat mengganggu plasenta dan dampak terburuknya adalah menyebabkan keguguran.

perlukah-ibu-hamil-menjaga-kenaikan-berat-badan-535
google.com

5. Picu kenaikan produksi asam lambung

Bagi yang memiliki gangguan mag tidak dianjurkan minum kopi secara berlebihan. Hal ini dikarenakan kopi mengandung berbagai senyawa, seperti katekol dan kafein yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Untuk orang yang memiliki gangguan mag maka hal ini dapat memperburuk sakit mag.

Meskipun ada beberapa efek buruk dari minum kopi, tapi tidak perlu takut bagi kita untuk tetap mengkonsumsi kopi, karena efek buruk tersebut muncul apabila kita konsumsi kopi secara berlebihan dan dengan berbagai campuran yang dicampur dengan kopi yang belum tentu bagus manfaatnya. Bukannya semua yang dikonsumsi secara berlebihan akan tidak baik?

Salam kopi.

 

disunting dari detik.com
gambar diambil dari google.com